Tantangan Tika Bravani Perankan Nyai Ahmad Dahlan

Tika Bravani
Sumber :
  • Mohammad Yudha Prasetya/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Rumah produksi IRAS Film menggarap sebuah film biopic, mengenai sosok Siti Walidah atau Nyai Ahmad Dahlan, sang pendiri organisasi perempuan Aisyiyah yang menjadi sayap organisasi dari Muhammadiyah.

Denok TOP Meninggal, Vicy Melanie Malaikat Kevin Aprilio saat Bangkrut

Aktris Tika Bravani yang didapuk berperan sebagai Nyai Ahmad Dahlan, mengaku sempat menemui sejumlah kendala saat memerankan sosok besar tersebut.

Sebab, Tika harus memerankan sosok Nyai Ahmad Dahlan dalam tiga fase, yakni fase remaja hingga menjadi seorang istri dari KH Ahmad Dahlan, bahkan hingga masa sepuh sang perempuan hebat tersebut.

Tokoh Denok TOP Meninggal, Profil Tika Bravani Disorot

"Yang paling susahnya bagi saya itu karena 'range' umurnya jauh ya. Soalnya saya harus berperan sebagai Nyai masa muda, di pertengahan jadi ibu, dan pada saat beliau sepuh. Bahkan sampai ada teknik make up saya yang sampai harus memakai latex untuk membuat kulit saya terlihat kendur," ujar Tika, saat ditemui di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Kamis 3 Agustus 2017.

Ketika ditanya bagaimana caranya mengobservasi karakter seorang Nyai Ahmad Dahlan, Tika mengaku jika dia bersama tim dari film tersebut sampai harus terjun langsung ke daerah Kauman, yang menjadi latar tempat dari kisah tersebut.

Denok TOP Meninggal karena COVID-19, Tika Bravani Pamit

Selain berziarah ke makam almarhumah Nyai Ahmad Dahlan, Tika pun mengaku sempat melakukan sejumlah hal, yang dianggap mampu membawanya meresapi karakter dan zaman dimana sosok tersebut hidup pada masa itu.

"Lalu, saya juga pernah salat di musala yang dibangun Nyai di Kauman, musala perempuan pertama. Saya sampau nangis waktu di musala itu karena ada sesuatu yang terasa gimana gitu," kata Tika.

Mengenai pendalaman sosok Nyai Ahmad Dahlan itu sendiri, Tika mengaku mendapat banyak bantuan dari pihak keluarga KH Ahmad Dahlan, hingga dia mampu mengenal lebih jauh mengenai sosok yang akan diperankannya tersebut.

"Saya banyak dibantu cicitnya beliau, namanya itu Bu Hadiroh, dan beliau itu benar-benar luar biasa. Di umur yang sudah sangat sepuh, beliau masih hebat dan masih lincah. Makanya saya pikir Nyainya juga pasti hebat nih," ujarnya.

Diketahui, film Nyai Ahmad Dahlan yang disutradarai oleh Olla Ata Adonara ini, turut dibintangi oleh Tika Bravani sebagai Nyai Ahmad Dahlan, David Chalik sebagai KH Ahmad Dahlan, dan sederet bintang seperti Cok Simbara, Della Puspita dan artis lainnya.

Rencananya, film ini akan mulai tayang di bioskop-bioskop Tanah Air, pada 24 Agustus 2017 mendatang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya