Bukan Reza, Artis Ini Awalnya Diincar Perankan BJ Habibie

Screening Film Habibie & Ainun
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Reza Rahadian dan Bunga Citra Lestari sukses membawakan peran sebagai BJ Habibie dan Ainun dalam film layar lebar. Tapi tahukah Anda jika dua artis top Indonesia itu sebenarnya tidak ada dalam daftar calon pemain pada awalnya?

Momen Haru BCL Ziarah ke Makam Ashraf Sinclair, Tiko Aryawardhana Setia Mendampingi

Presiden ke-3 BJ Habibie  mengatakan, ternyata, saat itu yang masuk dalam pertimbangan adalah Giring sebagai Habibie muda dan Agus Kuncoro untuk Habibie saat tua. Sementara aktris yang diincar untuk menjadi Ainun adalah Alya Rohali.

"Waktu itu saya bilang terserah kalian. Yang jelas cerita nanti harus berdasarkan persetujuan saya," ujar Habibie saat dijumpai di Gedung MD Entertainment Jakarta pada Selasa, 8 Agustus 2017.

Intip Momen Sweet BCL Rayakan Ultah ke-41 Bareng Tiko Aryawardhana

Namun rupanya, ada perubahan saat tim produksi Hanung melakukan syuting di IPDN, Bandung. Di sana, Hanung masuk ke ruang direktur utama dan melihat sebuah lukisan besar Basuki Abdullah di mana terdapat gambar Habibie muda.

"Terus dia minta waktu datang ke rumah saya, dia tanya siapa ini (dalam lukisan). Saya bilang saya. Dia bilang ada orang namanya Reza, dia sedang di Istanbul syuting. Dari beberapa sudut, menurut Hanung mirip. Dia bilang, gimana kalau kami usulkan dia yang pegang peran," Habibie mengisahkan.

Suami BCL Tiko Aryawardhana Ternyata Sepupuan dengan Bimbim Slank

Setelah itu, tim Hanung langsung mencari tokoh yang sesuai untuk dipasangkan dengan Reza Rahadian. Muncullah nama Bunga Citra Lestari yang kemudian diajukan sang sutradara kepada Habibie.

Saat itu, tokoh bangsa yang akrab disapa Eyang ini sama sekali tidak mengenal BCL.

"Saya cuma tanya dari bank mana ini (BCL). Yang saya tahu kan ada BCA, atau apa. Akhirnya ya saya terserah saja," tuturnya mengenang momen lucu tersebut.

Kedua film Habibie & Ainun karya Hanung itu pun akhirnya berbuah manis. Selain diapresiasi sangat baik oleh masyarakat, berbagai penghargaan pun diraihnya. Beberapa di antaranya adalah Piala Citra hingga Aktor Terbaik di Festival Film Asia-Pasifik 2017 untuk Reza Rahadian.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya