Proses Penetapan Nominasi FFI Dimulai Sejak Agustus

Festival Film Indonesia (FFI) 2017
Sumber :
  • Danar Dono/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Puncak ajang Festival Film Indonesia 2017 akan digelar pada 11 November mendatang. Ada 22 kategori yang akan dibacakan pada malam puncak FFI di Manado, Sulawesi Utara.

Fakta-fakta Menarik Putri Marino, Aktris Terbaik FFI 2017

Ketua Panitia FFI, Leni Lolang, mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan berbagai proses tahapan penting sejak awal Agustus 2017.

"Kami melakukan beberapa tahapan seperti pemberdayaan dan pelibatan langsung dengan asosiasi profesi dan komunitas dalam menyeleksi nominasi film dan pemilihan juri akhir serta verifikasi tim penjurian," ujarnya di Hotel Rafles, Jakarta, Kamis malam 5 Oktober 2017

Christine Hakim Ternyata Lupa Masuk Nominasi FFI 2017

Menurutnya, proses seleksi film untuk penetapan nominasi mencakup hampir 100 film judul yang terdiri dari film cerita panjang, film dokumenter, film pendek dan film animasi.

“Semua film tersebut telah beredar melalui jaringan distribusi bioskop dan non bioskop di wilayah Indonesia sejak Oktober 2016 hingga akhir September 2017,” ucapnya.

Night Bus, Tak Terduga Raih Film Indonesia Terbaik 2017

Sementara  itu, Ketua Bidang Penjurian Riri Reza menambahkan rekomendasi yang ditetapkan sebagai nominasi dari asosiasi dan komunitas terdiri dari 21 film cerita panjang, 6 film dokumenter panjang, 7 film dokumenter pendek, 10 film pendek dan 5 film animasi pendek.

"Kami memilih berdasarkan kapasitas baik dalam dunia seni, media atau keterlibatan dalam aspek membangun ekosistem perfilman Indonesia, seperti kritik, politik budaya, pengarsipan, penyelenggaraan festival dan kajian film," tambah Riri.

Juri akhir dari asosiasi atau komunitas dan juri mandiri berjumlah total 75 orang, akan melakukan penilaian dengan mekanisme voting yang dijaga keakuratannya oleh sistem dan lembaga akuntabel.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya