Kisah Siswa SMA 3 Solo Bikin Darius Sinathrya Terinspirasi

Darius Sinathrya
Sumber :
  • Heryu Nandiasa/ Vivanews

VIVA.co.id – Aktor serta presenter kondang Darius Sinathrya yang bernaung dalam Nightbus Pictures, bekerjasama dengan LSM Transparansi Internasional Indonesia (TII), akan menggarap film bertema gerakan antikorupsi. Alurnya terinspirasi dari kisah nyata yang terjadi di SMAN 3 Solo pada 2008 silam.

KPK Gelar Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia 2023 Pekan Depan, Presiden Jokowi Bakal Hadir

Kerja sama antara Nightbus dan TII, terjadi atas dasar keinginan bersama sebagai upaya sosialisasi antikorupsi. Darius dipercaya menjadi produser dalam film yang belum ditentukan judulnya ini.

"Kita coba adaptasi kisah nyata tersebut menjadi fiksi, menggambarkan generasi muda yang punya kepekaan dan perjuangan untuk mengungkapkan dengan caranya sendiri," ujar Darius, di Kantor TII kawasan Pejaten, Pasar Minggu, Jakarta Selatan pada Minggu, 15 Oktober 2017.

Nawawi Pomolango Tanya Jajaran: Emang Masih Ada Orang yang Mau Datang ke Acara KPK?

Kisah nyata tentang sekumpulan siswa yang membongkar tindak korupsi di sekolah itu, sempat menjadi sorotan publik setelah video demonstrasinya tersebar di internet. Kini, para siswa bernama Dermawan Bakrie, Rio Satriawan, Yusuf Ariyadi dan lainnya tersebut, telah lulus kuliah dan meniti karier masing-masing.

Lewat sentuhan film, Darius beserta tim penggarap ingin memperhatikan korupsi bukan hanya dari hal besar, melainkan yang kecil terlebih dahulu. Latar tempat akan mengambil di kawasan Yogyakarta. Meski fiksi, namun suami Donna Agnesia itu ingin memberikan nuansa yang dekat dengan kisah gerakan antikorupsi di SMAN 3 Solo dahulu.

KPK Tangkap 115 Koruptor Sepanjang 2022, Aset Recovery Capai Rp 494 Miliar

"Kita menjadikan film ini fiksi, tapi ingin suasana aslinya terasa hadir dengan nuansa kedaerahan. Secara produksi, Jogja juga merupakan tempat yang nyaman," katanya.

Lebih lanjut, Darius beserta pihak penggarap ingin memakai jasa aktor-aktor asli dari Yogya dengan tujuan penekanan realitas. Filmnya sendiri mulai diproduksi pada 20 Oktober 2017 mendatang, lalu direncanakan rilis bertepatan dengan Hari Antikorupsi Internasional yang jatuh pada 9 Desember 2017 nanti.

 

Ketua KPK Nawawi Pomolango di peringatan Hari Antikorupsi se-Dunia 2023

KPK Soroti Fenomena Pejabat Flexing di 2023 Berujung Pengungkapan Korupsi, Terheboh Rafael Alun!

Ketua sementara KPK Nawawi Pomolango turut membeberkan terkait dengan adanya pejabat negara yang kerap pamer harta atau flexing di sosial media

img_title
VIVA.co.id
12 Desember 2023