Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 23 Oktober 2017 | 16:16 WIB
  • 25 Tahun Film Reservoir Dogs, Simak Fakta Terselubungnya

  • Oleh
    • Zahrotustianah,
    • Bobby Agung
25 Tahun Film Reservoir Dogs, Simak Fakta Terselubungnya
Photo :
  • Miramax Films
Reservoir Dogs

VIVA – Tepat hari ini, 25 tahun silam, publik dunia dibuat heboh dengan sinema besutan Quentin Tarantino berjudul Reservoir Dogs. Dengan cepat, sang kreator serta debut filmnya menjadi populer dan begitu dielu-elukan khalayak luas karena menyajikan tontonan yang khas.

Reservoir Dogs mengusung genre yang menggebrak pada masanya, yakni campuran antara laga, thriller, dan drama kriminal modern. Majalah film asal Britania Raya, Empire, mendaulatnya sebagai “Film Independen Terbaik Sepanjang Masa”.

Meski telah dirilis sejak 23 Oktober 1991 silam, namun Reservoir Dogs dianggap masih relevan dan menyenangkan untuk disimak sampai sekarang. Berikut fakta yang jarang diketahui dari film berdurasi 99 menit ini.

1. Sutradara horor terkenal tak kuat menonton Reservoir Dogs

Sejumlah adegan dalam Reservoir Dogs, kerap diwarnai humor satir dan penyiksaan berdarah-darah dalam waktu yang bersamaan. Hal ini sampai membuat sutradara film horor terkenal, Wes Craven, tak kuat menontonnya.

Tarantino menceritakan momen saat Craven pergi dari sesi pemutaran Reservoir Dogs di perhelatan Sitges Film Festival, tahun 1992 silam. Ia lalu menyindir Craven habis-habisan.

“Orang yang membuat film Last House on the Left itu, pergi ke luar ruangan! Apakah filmku terlalu keras untuknya?” kata Tarantino.

2. Tarantino dipukul aktor legendaris

Lawrence Tierney, aktor legendaris Hollywood, berperan dalam Reservoir Dogs sebagai Joe Cabot. Jauh sebelum film ini diproduksi, Tierney dikenal sebagai aktor berandalan yang paling susah diajak kerja sama.

Tierney tak ragu untuk berkelahi jika pikirannya berseberangan dan tak didengarkan oleh pihak penggarap film. Tarantino adalah salah satu korban bogem mentahnya.

“Dia benar-benar gila dan butuh selalu ditenangkan, aku pernah adu mulut dengannya hingga berlanjut pada perkelahian. Ketika aku memecatnya, seluruh kru malah mendekat dan bertepuk tangan,” tutur Tarantino, berbicara pada The Guardian, 2010 silam.

3. Dansa ikonik Mr. Blonde terjadi secara spontan

Masih ingat cuplikan Mr. Blonde saat menyiksa polisi dalam gudang yang diselingi dengan berdansa, lalu memutar lagu milik Stealers Wheel berjudul Stuck in the Middle With You? Sampai sekarang, adegan tersebut amat membekas pada benak penggemar Reservoir Dogs.

Di balik memorabilia dansa Mr. Blonde, Michael Madsen selaku sang pemeran mengungkapkan fakta yang sebenarnya. Konon, ia melakukan tarian tersebut lewat improvisasi personal dan tanpa arahan khusus alias spontan.

“Aku tak tahu apa yang harus dilakukan, dalam script hanya tertulis ‘Mr. Blonde menari dengan gila’. Apa maksudnya, menari seperti Mick Jagger?” kata Madsen, yang akhirnya mengungkapkan bahwa dansa tersebut kemudian terinspirasi dari Aktor Jimmy Cagney.