Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 24 Oktober 2017 | 21:57 WIB
  • Logo FFI Mirip Tribeca Film Festival, Panitia Minta Maaf

  • Oleh
    • Zahrotustianah,
    • Danar Dono
Logo FFI Mirip Tribeca Film Festival, Panitia Minta Maaf
Photo :
  • Danar Dono/VIVA.co.id
Festival Film Indonesia (FFI) 2017

VIVA – Wakil Ketua Festival Film Indonesia  2017, Totot Indrarto mengucapkan permohonan maaf terkait kemiripan tipografi tulisan FFI tahun ini dengan Tribeca Film Festival.

Permintaan maaf itu ia sampaikan, saat diskusi penjurian FFI 2017 di CGV Cinemas, Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Selasa 24 Oktober 2017

"Mungkin kami capek, sampai tidak memerhatikan hal-hal kecil seperti itu. Pembuatnya mungkin melakukan kesalahan. Saya sendiri juga luput mengawasi, jadi apa lagi yang bisa saya lakukan selain minta maaf," kata Totot memberikan klarifikasi.

Menurutnya, adanya kekeliruan tersebut murni kesalahan manusiawi. Karena itu, Totot sudah meminta gaya tulisan Festival Film Indonesia 2017 direvisi.

"Itu adalah kesalahan manusiawi. Dan, kemudian saya minta kepada orang yang urus itu untuk merevisi," ucap Totot.

"Saya enggak punya jawaban yang ilmiah yang keren yang berdasarkan hukum, atau apa karena kesalahan itu bisa terjadi kapan saja. Semua tergantung referensi orang. Revisi ini, kemudian meminta maaf, saya pribadi," sambungnya.

Ketua Bidang Penjurian FFI 2017, Riri Riza, kemudian menimpali untuk meluruskan persepsi bahwa yang memiliki kesamaan dengan Tribeca Film Festival adalah model tulisannya, bukan logo.

"Itu sudah sebenarnya sudah diakalin supaya enggak mirip Tribeca. Sebenarnya, logo FFI bukan itu. Logonya itu yang di atasnya tulisan, Itu hanya branding, tulisan FFI, tipografi," kata Riri. (asp)