Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 17 November 2017 | 18:15 WIB
  • Kampanye Antikekerasan terhadap Perempuan Lewat 16FF

  • Oleh
    • Rochimawati,
    • Maria Margaretha Delviera
Kampanye Antikekerasan terhadap Perempuan Lewat 16FF
Photo :
  • VIVA.co.id/Maria Margaretha Delviera
16Film Festival

VIVA – Melihat situasi kekerasan berbasis gender dan seksual di Indonesia semakin darurat. Jaringan #GerakBersama, Kalyanashira Films dan 100% Manusia Film Festival merasa perlu mengampanyekan penghapusan kekerasan tersebut melalui sebuah festival film bertajuk Enambelas Film Festival (16FF).

“Festival ini dibuat tiga bulan saja. Tidak ada kata kedaluwarsa untuk hapus kekerasan pada perempuan. Karena di mana relasi kekuasaan ada dalam setiap diri manusia. Padahal kita hidup bersama. Kini adalah the right moment. Kita mengajak semua pihak lewat 16FF untuk berikrar 16 sumpah hapus kekerasan terhadap perempuan, 16 Pledges of End This,” kata Nia Daniata selaku penggagas kampanye ini saat jumpa pers di Art Society, Kemang, Jakarta Selatan, Jumat 17 November 2017.

Kampanye ini akan digelar bertepatan dengan kampanye global 16 Days of Activism atau lebih dikenal sebagai kampanye 16 Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan (16HAKTP) mulai 25 November 2017 hingga 10 Desember 2017. 

Setidaknya ada 16 film panjang dan 16 film pendek yang akan diputar secara gratis di CineSpace, Art Society, Paviliun 28, Galeri Indonesia Kaya, dan Kine Forum.  Selain itu, kampanye ini akan didukung oleh 16 sineas film sebagai volunteer ambassador, salah satunya adalah aktor Reza Rahadian. 

“Di 16FF ini saya terlibat karena isunya penting, senang sekali ketika laki-laki diberikan tempat menyuarakan tentang hak-hak perempuan. Itu kan jarang ya, biasanya perempuan lebih aktif menyuarakan tentang perempuan. Dalam bentuk apa pun kekerasan itu membuat saya prihatin. Saya prihatin banyak terjadinya kekerasan atas nama apa pun, entah politik, agama, dan lain-lain,” tuturnya.