Kampanye Antikekerasan terhadap Perempuan Lewat 16FF

16Film Festival
Sumber :
  • VIVA.co.id/Maria Margaretha Delviera

VIVA – Melihat situasi kekerasan berbasis gender dan seksual di Indonesia semakin darurat. Jaringan #GerakBersama, Kalyanashira Films dan 100% Manusia Film Festival merasa perlu mengampanyekan penghapusan kekerasan tersebut melalui sebuah festival film bertajuk Enambelas Film Festival (16FF).

Festival Sinema Prancis 2023 Siap Digelar di Indonesia, Hadirkan Film-film Asal Prancis

“Festival ini dibuat tiga bulan saja. Tidak ada kata kedaluwarsa untuk hapus kekerasan pada perempuan. Karena di mana relasi kekuasaan ada dalam setiap diri manusia. Padahal kita hidup bersama. Kini adalah the right moment. Kita mengajak semua pihak lewat 16FF untuk berikrar 16 sumpah hapus kekerasan terhadap perempuan, 16 Pledges of End This,” kata Nia Daniata selaku penggagas kampanye ini saat jumpa pers di Art Society, Kemang, Jakarta Selatan, Jumat 17 November 2017.

Kampanye ini akan digelar bertepatan dengan kampanye global 16 Days of Activism atau lebih dikenal sebagai kampanye 16 Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan (16HAKTP) mulai 25 November 2017 hingga 10 Desember 2017. 

Pertama Kali ke Indonesia, Aktor Yordania Mohammed Al Jizawi Langsung Nyaman

Setidaknya ada 16 film panjang dan 16 film pendek yang akan diputar secara gratis di CineSpace, Art Society, Paviliun 28, Galeri Indonesia Kaya, dan Kine Forum.  Selain itu, kampanye ini akan didukung oleh 16 sineas film sebagai volunteer ambassador, salah satunya adalah aktor Reza Rahadian. 

“Di 16FF ini saya terlibat karena isunya penting, senang sekali ketika laki-laki diberikan tempat menyuarakan tentang hak-hak perempuan. Itu kan jarang ya, biasanya perempuan lebih aktif menyuarakan tentang perempuan. Dalam bentuk apa pun kekerasan itu membuat saya prihatin. Saya prihatin banyak terjadinya kekerasan atas nama apa pun, entah politik, agama, dan lain-lain,” tuturnya.

Film Yordania 'Inshallah A Boy' Jadi Pembuka Jakarta World Cinema Week 2023

Bersiap! Deretan Film di My French Film Festival 2024 Bisa Ditonton Resmi di Indonesia

My French Film Festival atau MyFFF akhirnya kembali digelar dan diselenggarakan oleh UniFrance yang berlangsung pada 19 Januari sampai 19 Februari 2024.

img_title
VIVA.co.id
24 Januari 2024