Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Sabtu, 18 November 2017 | 14:09 WIB
  • Mau Jadi Apa?, Nostalgia Masa Kampus Era 90-an

  • Oleh
    • Zahrotustianah,
    • Rintan Puspitasari
Mau Jadi Apa?, Nostalgia Masa Kampus Era 90-an
Photo :
  • VIVA.co.id/Rintan Puspitasari
Film Mau Jadi Apa?

VIVA – Sebuah film yang diangkat dari kisah nyata kehidupan komika Soleh Solihun mengajak penonton melihat balik masa kampus di tahun 1997-an. Mau Jadi Apa? berangkat dari pertanyaan yang sering dilontarkan orangtua atau dosen ketika melihat tingkah laku anak-anaknya.

Dikemas dalam cerita komedi, film yang mengambil sebagian besar syuting di kampus Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran (Fikom Unpad) Bandung ini, melibatkan bukan hanya satu komika, tapi empat rekan lainnya.

Mereka adalah Awwe sebagai Eko, Adjisdoaibu sebagai Marsyel, Boris Bokir sebagai Lukman, dan Ricky Wattimena sebagai Syarif, yang semuanya berperan sebagai sahabat Soleh semasa kuliah. 

Geng Soleh ini tak hanya beranggotakan pria-pria yang berwajah biasa saja. Mereka juga punya satu anggota wanita yang diceritakan sebagai orang keturunan Jerman, Fey, diperankan Anggika Bolsterli.

Kehidupan keenam mahasiswa ini awalnya biasa saja, tanpa punya tujuan. Akhirnya mereka menemukan ide untuk membuat sesuatu yang bisa dijadikan kenangan semasa duduk di bangku kuliah. 

Terbitlah majalah Karung Goni. Sebuah majalah yang berisi lebih banyak tentang gosip seputar kampus dan musik. Majalah ini sempat bertentangan dengan majalah Fakta Jatinangor, majalah super serius dengan topik bahasan yang berat. 

Bukan hanya menceritakan tentang persaingan antara dua media di dalam kampus, tapi tentu saja ada sisi percintaan dalam film ini. 

Soleh ternyata diam-diam mencintai teman satu kampusnya yang bernama Ros, diperankan oleh Aurelie Moeremans, seorang Slankers, namun cintanya ditolak. Ada juga cerita cinta dari Marsyel yang jatuh cinta pada Putri, diperankan Putri Marino, seorang mahasiswi cantik dan juga penyiar radio. 

Bukan hanya cerita yang isinya nostalgia, tapi 11 lagu yang diselipkan ke dalam film ini juga kembali menyeret penonton dalam kenangan lama. Lagu-lagu seperti Penggalan Kisah Lama milik La Luna, Kuliah Pagi dari Harapan Jaya, Impresi dari PAS Band, Kosong Sama Kosong dari Slank, dan banyak lagu lainnya akan kembali mengajak penonton bernostalgia. 

Film pertama garapan Soleh Solihun yang bekerja sama dengan Monty Tiwa ini akan tayang di bioskop mulai 30 November 2017. Beberapa nama terkenal lainnya yang turut berperan antara lain Surya Saputra, Poppy Sovia, Tike Priatnakusumah, Andhika Pratama, Gading Marten, dan Ronal Surapradja. (art)