Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 23 November 2017 | 10:11 WIB
  • Bakal Super Canggih, Sekuel Avatar Diundur Dua Tahun

  • Oleh
    • Zahrotustianah,
    • Mohammad Yudha Prasetya
Bakal Super Canggih, Sekuel Avatar Diundur Dua Tahun
Photo :
  • 20th Century Fox
Film Avatar

VIVA – Para penggemar film Avatar sepertinya harus menunggu lebih lama untuk menyaksikan sekuel film tersebut. James Cameron, sang sutradara, memundurkan jadwal rilis menjadi 18 Desember 2020 dari yang semula 21 Desember 2018.

Dilansir dari Independent, Kamis, 23 November 2017, Cameron mengaku hingga saat ini masih mempelajari sejumlah teknik pengambilan gambar di dalam air, karena dia ingin membuat sekuel Avatar itu jauh lebih bagus dari film pertamanya di 2009.

Cameron mengungkapkan, sense yang ingin dibangunnya di sekuel Avatar itu nantinya akan seperti film 3D tanpa kacamata khusus, sehingga membuat dia dan timnya telah menghabiskan sekitar satu setengah tahun untuk mendalami apa yang dia sebut 'teknologi penangkapan gerak bawah laut'.

"Masalah dengan air bukanlah pada bagian di bawah airnya, melainkan pada bagian permukaan antara udara dan air, yang membentuk cermin bergerak. Cermin yang bergerak itu mencerminkan semua penanda, dan ini menciptakan sekelompok penanda palsu," ujar Cameron sebagaimana dilansir dari Independent.

"Ini seperti pesawat tempur yang membuang sekumpulan sinyal palsu untuk membingungkan sistem radar dari sebuah rudal, dan ini menciptakan ribuan target palsu. Jadi kami harus memikirkan cara mengatasi masalah itu," ujarnya menambahkan.

Cameron mengklaim, jika timnya berhasil mengatasi masalah tersebut, maka dia akan menjadi yang pertama di dunia perfilman yang memakai 'teknologi penangkapan gerak bawah laut' tersebut. Jika berhasil, maka film ketiga, keempat, kelima Avatar akan lebih mudah lagi dilakukan. 

Meski demikian, Cameron mengakui jika elemen air yang ingin dipecahkankannya di sistem pengambilan gambar ini merupakan tantangan utama, yang membuat tingkat kesulitan pengambilan gambar menjadi berkali-kali lipat.

"Pada dasarnya, kapan pun Anda menambahkan air dalam masalah apa pun, hal itu hanya akan membuatnya sepuluh kali lebih sulit. Jadi, kami telah membuang banyak tenaga, inovasi, imajinasi, dan teknologi baru pada masalah ini, dan kami butuh sekitar satu setengah tahun dari sekarang untuk menentukan bagaimana kami akan melakukan hal tersebut," ujarnya.

Selain akan menampilkan pemain-pemain berkelas seperti Sam Worthington, Zoe Saldana, Sigourney Weaver, dan Stephen Lang, sekuel Avatar 2 ini dipastikan juga akan menampilkan Kate Winslet sebagai salah satu bintangnya.