Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 16 Oktober 2017 | 09:50 WIB
  • Kasus Pelecehan, Harvey Weinstein Didepak dari Oscar

  • Oleh
    • Rochimawati,
    • Danar Dono
Kasus Pelecehan, Harvey Weinstein Didepak dari Oscar
Photo :
  • REUTERS/Mike Blake
Harvey Weinstein.

VIVA.co.id – Skandal dugaan pelecehan seksual yang dilakukan Harvey Weinstein berbuntut panjang. Kali ini, Dewan penyelenggara Academy Awards atau Piala Oscar telah memutuskan untuk mendepak Harvey Weinstein setelah produser Hollywood itu dituding melakukan serangkaian penyerangan seksual.

Dilansir oleh BBC.com, Senin 16 Oktober 2017 The Academy of Motion Picture Arts and Sciences, sebagai penyelenggara Academy Awards, menyebut bahwa para anggota dewan telah melakukan pemungutan suara dan hasilnya, mayoritas lebih dua-pertiga memilih mendepak Weinstein.

 "Bukan sekadar memisahkan diri kami dari seseorang yang tidak pantas dihormati kolega-koleganya, melainkan juga mengirim pesan bahwa era pengabaian dan tindakan predator seksual yang memalukan serta pelecehan dalam industri kami sudah berakhir," tulis pihak The Academy of Motion Pictures and Art dalam keterangan resminya.

Rapat dewan tersebut, yang anggotanya meliputi sejumlah figur Hollywood, seperti Tom Hanks dan aktris Whoopi Goldberg, digelar setelah serangkaian tuduhan dari sejumlah perempuan bahwa Weinstein telah melakukan pelecehan seksual terhadap mereka.

Akibat dari  tudingan-tudingan terhadap Weinstein membuat penyelenggara penghargaan film Bafta, British Academy of Film and Television Arts juga  menangguhkan keanggotaannya. Weinstein, yang awalnya membantah semua tudingan tersebut.

Ia menganggap hubungan seks yang ia lakukan atas dasar suka sama suka.Namun akhirnya ia meminta maaf dan saat ini Weinstein tengah menjalani rehabilitasi di Eropa.