Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 30 Oktober 2017 | 18:32 WIB
  • Zaskia Mecca Perkenalkan Mainan Tradisional pada Anaknya

  • Oleh
    • Daurina Lestari,
    • Lucky Aditya (Malang)
Zaskia Mecca Perkenalkan Mainan Tradisional pada Anaknya
Photo :
  • VIVA.co.id/Lucky Aditya
Zaskia Adya Mecca bersama Kala Madali Bramantyo dan Bhai Kaba Bramantyo.

VIVA – Zaskia Adya Mecca mengajak keluarga dan kerabat untuk berlibur ke Kota Malang, Jawa Timur. Salah satu tempat yang dikunjungi Zaskia adalah sentra kerajinan Inggil Kreatif, di Jalan Gajahmada, Klojen, Kota Malang.

Rumah makan Inggil, selama ini dikenal wisatawan sebagai tempat makan, belajar sejarah Kota Malang, dan tempat berjualan kerajinan khas Kota Malang.

Bersama kedua anaknya, Kala Madali Bramantyo dan Bhai Kaba Bramantyo, Zaskia melihat sederet kerajinan dan mainan tradisional yang terjejer rapi di outlet Inggil Kreatip (Intip).

"Mengenalkan sama anak-anak soal mainan tradisional. Karena kalau kita lihat di toko mainan itu semua buatan pabrik bukan handmade jadi ini memacu pola pikir mereka. Oh ternyata, dari kayu dari hal yang sederhana bisa jadi mainan," kata Zaskia, Senin 30 Oktober 2017.

Kedua anak Zaskia, Kala dan Bhai terlihat sangat senang saat memainkan mainan tradisional pistol kayu. Menurut Zaskia, mainan tradisional mampu memotivasi anak-anaknya untuk menjadi lebih kreatif.

"Jadi, ini kayak memotivasi mereka untuk menjadi anak yang lebih kreatif. Kayak seperti Kala ini mainan pistol dari kayu, ini kan sederhana pembuatan juga sebenarnya mudah dan harganya murah," ujar Zaskia

Istri Hanung Bramantyo ini mengaku berbelanja mainan tradisional selain mengenalkan mainan tempo dulu, juga dianggap lebih ekonomis daripada berbelanja mainan di toko mainan.

"Biasanya kalau kita beli mainan di toko mainan minimal Rp300 ribu. Di sini (Inggil Kreatip) kan minimal di bawah Rp100 ribu di bawah Rp50 ribu bahkan," ucap Zaskia.

Zaskia mengatakan, momen berbelanja mainan tradisional sebuah kebetulan. Sebab, tujuan awal Zaskia ingin makan siang bersama keluarga dan kerabat di Resto Inggil.

Namun, karena di Jakarta kesulitan mencari mainan tradisional, Zaskia pun mengajak anak untuk berbelanja mainan tradisional sekaligus memperkenalkan mainan asli khas Indonesia.

"Kita datang ke sini sebenarnya untuk makan, cuma ini tadi lihat ada toko mainan tradisional anak-anak ke sini. Karena untuk dapat mainan tradisional di Jakarta kan tidak mudah, akhirnya mereka senang dapat mainan seperti ini," kata Zaski.

Beberapa mainan tradisional yang dijual oleh Inggil Kreatip beragam jenis. Mulai dari yoyo kayu, pesawat kayu, tembak 'kretek' dari kayu, angin-anginan, dakon, dan beberapa mainan tradisional lainnya. (asp)