Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Minggu, 5 November 2017 | 16:20 WIB
  • Pernah Jadi Korban Berita Hoax, Ini Tips Vidi Aldiano

  • Oleh
    • Rochimawati,
    • Shintaloka Pradita Sicca
Pernah Jadi Korban Berita Hoax, Ini Tips Vidi Aldiano
Photo :
  • Shintaloka Pradita Sicca/VIVA.co.id
Vidi Aldiano.

VIVA – Penyanyi Vidi Aldiano mengatakan, media sosial memiliki peran yang sangat besar, bahkan dalam menyebarkan isu atau gosip tanpa fakta.

Vidi mengaku selalu berusaha berhati-hati dalam mengunggah foto atau video ke akun media sosialnya, karena bisa disalahartikan. Sebagai figur publik, Vidi merasa sangat rentan dengan pemberitaan miring.

Salah satu pemberitaan paling negatif yang pernah menghampirinya adalah tuduhan ia menghamili seseorang.  "Sampai kayak nenek gue yang di Padang dengar itu beritanya, keluarga yang lain juga. Kan stres. Kalau kita sih sudah sering dibuat berita hoax, atau kalau bahasa di kita gosip," ujar Vidi di Jakarta pada Minggu, 5 November 2017.

Namun saat ini, keluarganya sudah lebih tenang jika mendengar gosip soal dirinya lagi, lantaran media sosial saat ini sudah banyak ambil peran positif untuk mengklarifikasi. 

"Kalau dulu sosial media belum berperan besar ya. Kalau sekarang karena sosial media sudah ada, dari kitanya sendiri bisa mengklarifikasi langsung, jadi lebih gampang untuk mantaunya," ujar Vidi. 

Vidi menekankan untuk para pelaku media untuk lebih bijak dalam menyampaikan pemberitaan, terutama konten yang provokatif. "Jangan sampai elo menjadi pion-pion dari industri-industri hoax yang tadi gue bilang, dan membantu menyebarkan berita-berita yang ternyata enggak benar," tutur Vidi. 

Ia juga meminta agar masyarakat mengkroscek kebenaran sebuah berita dari berbagai sumber. 

"Ternyata sudah banyak juga institusi yang membuat berita hoax sebagai sebuah industri gitu, jadi agak berbahaya sebenarnya. Nah, anak muda kan sekarang populasinya paling banyak di Indonesia, jadi memang harusnya kita sadar untuk memilih informasi." (mus)