Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 7 November 2017 | 05:46 WIB
  • Cerita Angela Lee Punya Banyak Utang hingga Mau Bunuh Diri

  • Oleh
    • Jujuk Ernawati,
    • Mohammad Yudha Prasetya
Cerita Angela Lee Punya Banyak Utang hingga Mau Bunuh Diri
Photo :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya
Artis dan presenter Angela Lee saat di Komnas HAM, Senin (6/11/2017)

VIVA – Pengacara kondang Henry Indraguna menjelaskan bagaimana kliennya, Angela Lee bisa sampai memiliki utang hingga Rp25 miliar, akibat bisnis tas mewah yang dijalaninya.

Henry menjelaskan, awalnya Angela meminjam uang kepada seseorang berinisial R sebesar Rp45 miliar, dengan bunga 4-7 persen per pekan.

"Tetapi, Angel sudah mengembalikannya sebesar Rp43 miliar dengan 600 kali transaksi," kata Henry di kantor Komnas HAM, Menteng, Jakarta Pusat, Senin 6 November 2017.

Namun, karena R terus mendesak Angela untuk melunasi utangnya hingga menyarankan ia berutang lagi untuk membayar kekurangan tersebut, maka Angel pun akhirnya meminjam uang kepada S sebesar Rp115 miliar.

Henry menjelaskan bahwa utang Rp115 miliar itu pun sudah dilunasi sekitar Rp103 miliar, beserta uang administrasi sebesar Rp176 juta dan bunga sebesar Rp4 miliar.

"Sudah dibayar nyicil sebanyak 126 transaksi. Tetapi, S kok malah melaporkan Angel ke Polres Sleman, Jawa Tengah, dengan pasal penipuan dan penggelapan," kata Henry.

Tak hanya itu, Angela pun akhirnya dipaksa harus menyerahkan rumah dan harta bendanya kepada S, serta sejumlah kerugian lain yang tak terhitung baik secara materil dan psikis melalui sejumlah tekanan hingga membuatnya depresi.

"Angela dipaksa untuk menyerahkan rumahnya atau diambil secara paksa. Rumah diserahkan dan dibuat nota penjualan sebesar Rp1,4 miliar. Setelah itu, mobilnya diambil paksa juga, itu sebesar Rp246 juta. Bahkan, uang endorse dia sebagai artis itu ditungguiin, begitu masuk langsung diambil," ujarnya.

Akibat hal itu, aktris dan presenter ini mengaku sempat ingin bunuh diri. Ide bunuh diri itu awalnya dicetuskan oleh sang suami, namun akhirnya tindakan tersebut berhasil digagalkan oleh kakak kandung Angela.

"Suami memang ngajak, dia, aku, dan anak kita untuk bunuh diri bareng-bareng biar enggak ngerasain utang lagi. Tetapi, aku juga yang masih bingung dan takut buat bunuh diri. Tapi itu sempat tertahan rencananya sama kakak aku di rumah," kata wanita berusia 30 tahun itu.

Setelah rencana bunuh diri pertama gagal, Angela pun mengaku niat bunuh sempat muncul lagi. Itu merupakan ajakan kedua dari sang suami, namun Angel menolaknya hingga berusaha kabur dari rumah.

"Aku sempat bingung diajakin bunuh diri lagi sama suami, tapi aku berpikir dan menolak ajakan bunuh diri itu. Aku bilang, 'Kamu aja yang bunuh diri. Kalau enggak mau, kamu diam di rumah, biar aku yang menyelesaikan utang-utang aku'," ujarnya.

Diketahui, awalnya Angela Lee menceritakan kabar menyedihkan ini melalui unggahan dalam akunnya di Instagram. Dalam unggahan itu, Angela menjawab tuduhan sebagian orang, yang menganggap dirinya membawa kabur uang beberapa pihak untuk membayar utang.

Persoalan utang piutang ini pun pertama kali diumbar Angela ke ranah publik pada 17 Oktober 2017 lalu. Namun, karena urusan perdata ini dilaporkan dengan delik pidana oleh rekan bisnisnya ke Polres Sleman, maka Angela bersama Henry Indraguna sang pengacara akhirnya melaporkan hal ini ke Komnas HAM.

"Karena menurut hemat kami, perkara ini adalah perkara perdata yang kenapa dibawa ke ranah pidana. Itulah kenapa kami minta perlindungan hukum ke Komnas HAM," kata dia.