Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 30 November 2017 | 15:11 WIB
  • Alasan Zaskia Sungkar Mendadak Operasi di Malaysia

  • Oleh
    • Lutfi Dwi Puji Astuti,
    • Maria Margaretha Delviera
Alasan Zaskia Sungkar Mendadak Operasi di Malaysia
Photo :
  • VIVA.co.id/ Maria Margaretha Delviera
Zaskia Sungkar

VIVA – Belum lama ini, Zaskia Sungkar diketahui telah menjalankan operasi di Malaysia, 24 November 2017 lalu. Ternyata, niat awal Zaskia datang ke Malaysia adalah untuk mengunjungi sahabatnya, Laudya Chyntia Bella yang kini tinggal di sana usai menikah.

Kemudian, Bella merekomendasikan Zaskia mengecek kesehatan kandungan di dokter yang terkenal di sana.

“Kemarin benar-benar enggak direncanain, aku ke Malaysia itu cuma buat jalan-jalan doang, buat ketemu Bella. Sekalian kebetulan, memang ada satu dokter yang terkenal di sana," katanya, saat ditemui di kawasan Menteng, Jakarta, Kamis 30 November 2017.

Awalnya, ia pun mengaku hanya iseng ingin tahu kondisi kesehatannya. Dia pun mengaku tidak berniat untuk menjalani program kehamilan. Namun, ternyata dari keisengan cek kesehatan, hasil tes justru menunjukkan dia mengalami endometriosis.

"Sebelumnya memang enggak ketahuan waktu aku ngecek di sini,” katanya lagi.

Saat itu, dokter menyarankan, agar Zaskia menjalankan operasi pengangkatan Endometriosis, atau yang lebih dikenal dengan kista coklat. “Ya, karena dokternya ini sibuk banget kalau enggak besok. Contoh hari ini aku datang, besoknya suruh operasi. Jadi, benar-benar enggak prepare. Aku tiket pulang hangus, baju pun habis, sampai Bella yang nyiapin baju sih,” sambungnya.

Menurut Zaskia, sejak sekolah ia selalu mengalami keluhan sakit luar biasa ketika datang bulan. Ternyata, penyebabnya adalah endometriosis. “Dari SMP, kok aku dapet (menstruasi) selalu sakit, bahkan sampai pingsan, terus panggul tuh sakit. Oh ternyata, karena si endometriosis itu,” ungkapnya.

Beruntung, saat harus operasi yang sangat mendadak ini, Zaskia didampingi oleh sang suami, Irwansyah dan sahabatnya, Laudya Cynthia Bella. “Masya Allah deh pokoknya, maksudnya kaya enggak nyangka gitu. Aku tuh kayak sadar dan enggak, dia nyiumin jidat, tangan aku dipegangin, Irwan pun juga begitu. Aduh Masya Allah banget deh. Beruntung punya mereka berdua, menghilangkan kegalauan sesaat,” ungkap kakak kandung Shireen Sungkar ini.

Endometriosis

Ini merupakan suatu penyakit pada sistem reproduksi wanita di mana jaringan dari lapisan dalam dinding rahim, atau endometrium tumbuh di luar rongga rahim.

Tiap bulan, tubuh wanita akan melepaskan hormon yang memicu penebalan dinding rahim, atau endometrium, yang merupakan persiapan untuk menerima sel telur yang sudah dibuahi. Apabila tidak terjadi kehamilan, dinding rahim akan luruh dan keluar dari tubuh dalam bentuk darah yang keluar dari vagina.

Endometriosis terjadi saat jaringan endometrium tumbuh di luar rahim. Jika Anda mengidap endometriosis, jaringan tersebut juga mengalami proses penebalan dan luruh, yang sama dengan siklus menstruasi. Tetapi, darah tersebut akhirnya mengendap dan tidak bisa keluar karena terletak di luar rahim. Endapan tersebut akan mengiritasi jaringan di sekitarnya. Lama-kelamaan, jaringan parut atau bekas iritasi pun terbentuk. (asp)