Jurus Silat Baru dari Tanah Jawara Banten Tembus Rekor MURI

Jurus Silat Baru dari Tanah Jawara
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yandi Deslatama

VIVA.co.id – Gerak Kaserangan jadi jurus baru di dunia persilatan Banten yang dikenal sebagai Bumi Jawara. Jurus tersebut merupakan perpaduan antara gerak tangan dengan ilmu kekebalan tubuh atau yang biasa disebut debus.

Viral Sopir Truk Gantung Diri di Tol Cikande, Diduga Akibat Kalah Judi Online

"Sementara jurus diciptakan oleh para senior pendekar yang duduk bersama dan terciptalah jurus Gerak Kaserangan. Dilihat dari geraknya, jurus Gerak Kaserangan ini kental dengan nuansa ke-Banten-an. Apalagi selain gerak penuh kekuatan, di akhir jurus, para pesilat diwajibkan menampilkan debus," kata Ratu Tatu Chasanah, Bupati Serang, yang ditemui di Pantai Florida, Kabupaten Serang, Banten, Minggu (20/08/2017).

Jurus baru itu langsung diperagakan oleh ratusan jawara dari 40 perguruan (peguron) yang ada di Banten. Ratu Tatu yang ikut serta memeragakan jurus terbaru itu, tak mau ketinggalan mengenakkan seragam serba hitam khas Jawara Banten. Aksi ini berhasil memecahkan rekor MURI sebagai pemain silat terbanyak.

Warga Serang Geger! Gundukan Tanah Dikira Kuburan Kucing Pas Dibongkar Isinya Mayat Bayi

Gerak baru di dunia Jawara Banten diluncurkan dalam acara Anyer Krakatau Culture Festival (AKCF) 2017 yang telah berlangsung sejak hari Jumat kemarin, 18 Agustus 2017.

"Jurus baru ini diharapkan dapat menyatukan seluruh peguron yang ada di Banten dan akan diperlombakan mulai tahun depan. Memperkuat persatuan dan kesatuan para pesilat melalui jurus bersama yang masih berciri khas Banten," terang Tatu yang berseragam serba hitam ala Jawara.

Bagi-bagi Beras dan Sepeda di Serang Banten, Jokowi Singgung Bantuan dari Pemerintah
Evakuasi Mayat Bayi di Aliran Sungai. (Dok: Polres Serang)

Serang Geger! Mayat Bayi Perempuan Ditemukan dengan Kondisi Mengenaskan, Kepala Sudah Tak Utuh

Mayat bayi saat ditemukan dalam kondisi tersangkut di aliran sungai yang tertutup sampah rumah tangga dan kayu. Ada bekas gigitan hewan di bagian leher dan tangan bayi.

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2024