NTB Ketagihan Gelar Festival Musik di Pinggir Pantai

Senggigi Sunset Jazz
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Suksesnya pagelaran acara Senggigi Sunset Jazz 2017, membuat Gubernur Nusa Tenggara Barat, M. Zainul Majdi memberikan apresiasi terbesarnya.

The Sounds Project 7: Siap Hadirkan Kembali Keajaiban Musik Dengan 45 Lineup Pertama!

Event jazz ini dinilai sangat menarik, karena bisa dinikmati semua segmen umur dan penyelenggaraannya sangat unik, karena diadakan di pinggir Pantai Senggigi yang menurutnya sangat indah.

"Ini sangat menarik sekali. Bisa dikatakan, satu-satunya festival jazz yang diadakan di pinggir pantai. Lebih-lebih ini di Senggigi, destinasi klasik yang kita punya, yang pemandangannya sangat indah," ujar Zainul dalam keterangan tertulisnya, Senin 25 September 2017.

Yellow Claw hingga AKB48 Bakal Tampil di Playlist Live Festival 2024, Catat Tanggalnya!

Dia berharap, Senggigi Sunset Jazz yang rencananya akan digelar lagi tahun depan bisa lebih mendunia. Karenanya, dia ingin penyelenggaraan selanjutnya bisa lebih mengedepankan karakteristik daerah tersebut, serta keunggulan lainnya.

"Kita ingin ada karakteristiknya, ada keunggulannya, ada atraksi khususnya. Saya pikir, Senggigi Sunset Jazz tahun depan harus menuju ke sana," ujarnya.

Once Mekel Menyuarakan Nasionalisme Lewat Festival Kebangsaan

Dalam kesempatan terpisah, Nety Rusi dari ArchiSS selaku pihak penyelenggara mengatakan Senggigi Sunset Jazz sengaja digelar untuk mendukung pengembangan wisata di daerah, khususnya Kabupaten Lombok Barat.

Pembeda event ini dengan pertunjukan jazz di tempat lain adalah venue sengaja didesain agar musisi dan pengunjung bersentuhan langsung dengan alam. Konsepnya menyatukan antara alam, manusia, dan musik. Ketiga unsur tersebut adalah suatu jalinan yang tidak terpisah, ia adalah simbol harmonisasi dalam kehidupan.

"Melihat antusias masyarakat begitu luar biasa. Insya Allah event ini akan terselennggara lagi tahun depan," kata Nety.

Lebih rinci, Imam Sofian dari Jazz and World Music Festival (JWM) mengungkap bahwa tahun depan Senggigi Sunset Jazz akan tetap mempertahankan komposisi line-up yang sudah ada, dengan mengutamakan musisi-musisi sub genre Jazz.

Menurut Imam, dukungan Pemda Lombok Barat dan para musisi jazz khususnya di NTB sangat besar terhadap event ini.

"Teman-teman world musik di Pulau Lombok dan Sumbawa telah memberikan warna tersendiri di Senggigi Sunset Jazz. Karakteristik bahwa ini adalah pertunjukan seni yang mengutamakan sub genre jazz harus tetap kita pertahankan," kata Imam. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya