Payung Teduh Geram Lagu Akad Sering Dibawakan Tanpa Izin

Is Payung Teduh (Kedua dari kiri).
Sumber :
  • instagram.com/pusakata

VIVA.co.id – Lagu Payung Teduh berjudul Akad mengundang animo tinggi dari para penikmat musik Indonesia. Sedang hit, tembang tersebut sering diputar di berbagai media, baik radio, televisi, hingga jejaring online.

Payung Teduh X Pusakata Bawakan Lagu Baru di Synchronize Fest

Seiring dengan kesuksesan tersebut, banyak pihak yang sering membawakan ulang lagu ini tanpa seizin Payung Teduh. Vokalis Mohammad Istiqomah Djamad mengutarakan keresahannya di Instagram @pusakata.

Pada awal video, Is mengungkapkan tentang betapa ia dan pihak Payung Teduh menahan diri untuk tidak melakukan tindakan ini. Namun karena semakin masif, mereka akhirnya tak bisa tinggal diam.

Sering Insomnia? Coba Dengarkan 10 Lagu Tidur ini

"Melihat betapa brutalnya aktivitas digital terhadap lagu Akad, terima kasih buat penyambutan lagu Akad, buat apresiasi kalian. Tapi ada yang sudah produksi, sudah rekaman, sudah jualan di Spotify, di iTunes, tanpa seizin kami, lalu perform di TV tanpa seizin kami," ujar Is dalam videonya.

Lebih lanjut, Is mengaku senang dengan viralnya lagu Akad apalagi dibawakan oleh banyak pihak. Kendati demikian, dilakukan tanpa izin membuat timnya merasa tak nyaman.

Payung Teduh Bikin Baper Suasana Balkonjazz Festival Magelang

"Enggak apa-apa, cuma ya izin saja. Namun ketika sudah lebih jauh ya mohon maaf, kami harus bersikap," kata Is, melanjutkan perkataannya.

Berangkat dari permasalahan yang ada, Is kemudian menitip pesan pada seluruh penonton video agar lebih bijak untuk masalah perizinan. Terlebih jika tindakan itu sudah berorientasi pada keuntungan finansial pribadi.

"Jadi saya imbau ke teman-teman yang belum bertindak, kayak di YouTube sudah banyak banget yang sudah meraup keuntungan, mungkin. Biar kami tertibkan saja sih, mohon dibantu apresiasi kami, biar lebih bijak lagi," tambahnya.

Sementara, bagi mereka yang sudah terlanjur membawakan Akad dengan tujuan komersialisasi, Is mewakili Payung Teduh akan bersikap lebih tegas.

"Bagi yang sudah kadung berproduksi, tungguin kami. Kami samperin, oke?" Tuturnya, seraya menutup video tersebut.

Akad dirilis pada Juni 2017 lalu dan sukses dicintai banyak kalangan. Lagu tersebut rencananya akan masuk dalam album terbaru Payung Teduh yang siap dirilis beberapa waktu ke depan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya