Tom Petty Meninggal Mendadak, Para Legendaris Terpukul

Tom Petty
Sumber :
  • REUTERS/Eduardo Muno

VIVA.co.id – Musisi Tom Petty meninggal dunia pada usia 66 tahun di kediamannya, Malibu, Amerika Serikat pada Senin sore, 2 Oktober 2017 waktu setempat. Sang manajer, Tony Dimitriades, membenarkan kabar tersebut pada malam harinya.

Ibunda Tangmo Nida Yakin Kematian Putrinya Penuh Kejanggalan

Kepolisian Los Angeles (LAPD) melaporkan bahwa penyebab kematian Petty adalah serangan jantung. Ia sempat tak sadarkan diri pada Minggu malam waktu setempat, sebelum beberapa waktu kemudian ajal memanggil.

Kepergian pelantun Free Fallin' itu menyisakan duka mendalam untuk industri musik dunia, khususnya rock. Sahabat sekaligus solois folk terkenal, Bob Dylan, mengutarakan perasaannya saat mendengar kabar tentang Petty.

Kerabat: Dorce Gamalama Divonis COVID, Sejak 3 Minggu Lalu

"Ini sungguh berita yang mengejutkan. Dia adalah penampil yang hebat, penuh cahaya, seorang teman, dan aku tak akan pernah melupakannya," ujar Dylan, berbicara kepada Rolling Stone, dikutip dari Pitchfork.com, Selasa, 3 Oktober 2017.

Menyusul omongan Dylan, media sosial turut ramai dengan ucapan duka yang mengalir dari berbagai pihak. Terkhusus para musisi sekaligus sahabat Petty, mereka berbondong-bondong mengucapkan bela sungkawa.

BREAKING NEWS: Dorce Gamalama Meninggal Dunia

"Salam cinta kepada Tom Petty dan keluarga yang ditinggalkan pada waktu yang sulit ini," tulis Paul McCartney, di akun Twitter resminya.

"Tuhan memberkati Tom Petty. Salam damai dan cinta untuk keluarga yang ditinggalkan, aku akan merindukanmu Tom," cuit Ringo Starr, di kanal media sosial yang sama sambil mengunggah foto dirinya bersama Petty semasa hidup.

Selain dua legenda hidup The Beatles di atas, musisi lain seperti Ezra Koenig, Ryan Adams, Lorde, Sheryl Crow, Jack Antonoff, Aaron Dessner, Kesha, dan lainnya ikut mengucapkan bela sungkawa buat Petty. Kepergiannya menyisakan kenangan mendalam pada hidup mereka.

Tom Petty adalah musisi kelas dunia yang mengusung genre rock, berkarier sejak tahun 1973. Ia identik dengan duet pengiring, baik rekaman maupun penampilan langsung, bersama grup musik The Heartbreakers.

Sejak dekade 1980-an, ia telah mengantongi banyak penghargaan mulai dari karya terbaik hingga predikat lifetime achievement. Petty juga sempat berkiprah di dunia akting lewat film berjudul Made In Heaven (1987) serta menjadi toko kartun tamu dalam serial hits The Simpsons.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya