Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 13 Oktober 2017 | 17:07 WIB
  • AMI Awards 2017 Digelar Lagi, Begini Konsepnya

  • Oleh
    • Zahrotustianah,
    • Bobby Agung
AMI Awards 2017 Digelar Lagi, Begini Konsepnya
Photo :
  • VIVA.co.id/Bobby Agung
Konferensi Pers AMI Awards 2017

VIVA.co.id – Anugerah Musik Indonesia, atau AMI Awards 2017, ajang penghargaan industri musik Tanah Air, akan digelar dalam waktu dekat. Berkaitan dengan era digital, AMI Awards tahun ini mengusung tema #MusikTanpaBatas.

Digitalisasi, digambarkan oleh Dwiki Dharmawan selaku Ketua Umum Yayasan AMI, sebagai aspek yang sulit dilepas pada musik masa kini. Karena itu, penghargaannya tahun ini akan melibatkan hal tersebut, baik dari segi penilaian hingga voting.

"AMI akan terus mengikuti perkembangan musik, mulai dari karakter sampai gaya berpenampilan. Selain itu, kami ingin mendorong musisi Indonesia untuk terus berkembang," ujarnya, di XXI Plaza Senayan pada Jumat 13 Oktober 2017.

Perkembangan teknologi digambarkan oleh Dwiki secara singkat. Fenomenanya dapat dilihat dari cara mengonsumsi musik yang saat ini berbeda dengan beberapa waktu lampau.

"Kita masih ingat beberapa tahun lalu, banyak toko yang menjual rilisan musik di mal. Kalau sekarang sudah beda dan jarang sekali, itu karena mendengarkan musik saja bisa lewat streaming," kata Dwiki, yang juga merupakan personel Krakatau Reunion.

Berangkat dari hal itu, pengusungan tema #MusikTanpaBatas memiliki korelasi yang erat dengan aspek digitalisasi. Pola tersebut, diterapkan pada AMI Awards 2017 ini dengan cara pendaftaran online bagi calon nominasi.

Penilaian nominasi per kategori pun tidak terjadi secara satu arah, melainkan adanya keterlibatan khalayak luas sebagai "Anggota Reguler". Setelah terjadi pengolahan data oleh Auditor Publik untuk dilakukan tabulasi, selanjutnya penentuan pemenang diserahkan kepada "Anggota Suara" yang terdiri dari para pelaku industri musik.

Data nominasi per kategori dikumpulkan dari periode Juli 2016 sampai Juni 2017. Malam penganugerahan bakal berlangsung pada 16 November 2017 mendatang. (asp)