Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Minggu, 15 Oktober 2017 | 16:24 WIB
  • Guruh Sayangkan Lagu Indonesia Pakai Lirik Bahasa Inggris

  • Oleh
    • Zahrotustianah,
    • Bobby Agung
Guruh Sayangkan Lagu Indonesia Pakai Lirik Bahasa Inggris
Photo :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis
Guruh Soekarnoputra saat Peluncuran Damn I Love Indonesia

VIVA.co.id – Musikus legendaris Indonesia, Guruh Soekarnoputra, telah bermusik sejak masih duduk di bangku SMP. Putra Proklamator Soekarno tersebut, menjadi salah satu seniman berpengaruh yang menginspirasi khalayak luas.

Seiring perkembangan zaman, musik turut melaju mengikuti teknologi yang ada. Guruh yang telah bermusik sejak peralatan rekaman masih seadanya, memberi komentar tentang musik masa kini.

"Ada kekhasan. Kalau menurut saya agak lugu, cukup jujur, enggak neko-neko dan enggak terlalu tendensius," ujarnya, di kawasan SCBD, Jakarta Pusat pada Sabtu petang, 14 Oktober 2017.

Guruh membawa prinsip penggunaan lirik berbahasa Indonesia dalam bermusik. Menanggapi karya anak bangsa sekarang yang kerap menggunakan lirik berbahasa Inggris, ia memberikan pengalamannya sebagai contoh kasus dan refleksi.

"Saya mengupayakan Bahasa Indonesia yang tidak terpakai dan sudah lama mati untuk dihidupkan kembali. Untuk apa bawa Bahasa Inggris, padahal kita punya bahasa lokal," kata pemilik album Guruh Gipsy ini.

Menjadi salah satu pembicara di Archipelago Festival 2017, Guruh bercerita tentang revolusi musik Indonesia zaman dahulu sampai sekarang. Ia berharap agar seniman muda mampu membawa musik sebagai medium pembentukan karakter bangsa.

"Moga-moga musik saat ini membawa spirit of nation and character building, walaupun enggak bisa dilihat dari satu atau dua sudut karya saja," kata Guruh menambahkan.