Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 19 Oktober 2017 | 22:15 WIB
  • Buat Lagu untuk Anak, Virgoun Mengaku Istrinya Cemburu

  • Oleh
    • Lutfi Dwi Puji Astuti,
    • Mohammad Yudha Prasetya
Buat Lagu untuk Anak, Virgoun Mengaku Istrinya Cemburu
Photo :
  • Instagram Virgoun
Virgoun

VIVA – Vokalis Last Child, Virgoun, mengaku, single 'Surat Cinta untuk Starla' yang dirilisnya sebelum mengeluarkan album solo dengan judul sama, merupakan lagu persembahan untuk putrinya, Starla Rhea Idola Virgoun.

Namun, karena lagu itu lah, Inara sang istri mengaku sempat cemburu, dan memintanya membuatkan sebuah lagu juga untuknya hingga akhirnya terciptalah single selanjutnya berjudul 'Buktikan'.

"Jadi sebenernya itu lucu-lucuan gue aja di rumah. Karena kemarin lagu untuk Starla viral, terus tiba-tiba bini gue bilang, 'Kok aku enggak dibikinin lagu?'. Terus gue bilang, 'Kamu royaltinya aja'," ujar Virgoun menirukan percakapan dengan Inara sang istri, saat ditemui di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Kamis 19 Oktober 2017.

Setelah itu, Virgoun mengaku jika dia sempat berpikir akan kehebatan istrinya tersebut, yang mampu menjadi pendamping sekaligus pengingatnya dalam melakukan hal-hal kebaikan.

Oleh karenanya, diciptakan lah lagu berjudul 'Buktikan' tersebut, yang dipersembahkan bagi Inara sang istri, dan menjadi single kedua yang dilepasnya setelah lagu 'Surat Cinta untuk Starla'.

Ketika ditanya apa makna lagu 'Buktikan' tersebut, Virgoun menjelaskan jika Inara itu dianggapnya seperti malaikat titipan Tuhan, yang ditugaskan untuk selalu mendampingi dan mengingatkannya akan segala suatu yang baik yang harus dilakukannya sebagai seorang ayah.

"Cuma akhirnya gue ngerasa dia benar-benar hijrah, berhijab, dan banyak ngaji. Makanya gue tulis di situ bahwa dia adalah bentuk terindah dari Tuhan, karena dia adalah orang yang selalu ngingetin gue sholat, puasa, sedekah. Benar-benar kayak malaikat yang dikasih Tuhan lah untuk ngingetin gue. Itu sih maknanya," ujar Virgoun.

Tips Bikin Lagu

Ketika ditanya bagaimana caranya mendapatkan inspirasi dalam membuat lagu, ayah dari Starla Rhea Idola Virgoun itu mengaku jika dia selalu berusaha menjadi 'manusia normal' dalam setiap kesempatan berkarya.

"Gue kalau bikin lagu selalu menempatkan diri sebagai manusia yang senormal mungkin. Sebiasa mungkin, gue selalu menempatkan diri sebagai orang awam," ujar Virgoun.

Selain itu, Virgoun mengaku selalu berusaha untuk menyederhanakan bahasa dalam hal pembuatan lirik lagu, agar masyarakat umum mudah mencerna kandungan makna yang ingin disampaikannya dalam lagu tersebut.

"Jadi gue coba menggali sisi puitisnya, bagaimana sih cara menyampaikan ke orang awam yang enggak ngerti sastra? Maka gue pakai bahasa sehari-hari yang maknanya benar-benar nancep di hati orang," ujarnya.

Ketika ditanya apakah dia yakin jika album solonya ini akan sesukses single 'Surat Cinta untuk Starla' yang cukup viral di dunia maya, Virgoun mengaku tak terlalu memusingkan hal tersebut.

Dia mengaku hanya mencari kepuasan, di mana isi hatinya bisa dicurahkan dalam sebuah lagu dan orang yang mendengarkannya bisa mengapresiasi bahkan menyukai lagu tersebut.

"Gue bikin lagu ini enggak ingin ada pressure. Gue enggak mau ada tekanan harus lebih meledak atau gimana, karena rumus awalnya gue bikin lagu ini emang benar-benar dari hati. Laku enggak laku ini lagu yang spesial buat gue," ujarnya.