Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Minggu, 22 Oktober 2017 | 18:35 WIB
  • Album Pink 'Beautiful Trauma' Rajai Billboard 200

  • Oleh
    • Endah Lismartini,
    • Mohammad Yudha Prasetya
Album Pink 'Beautiful Trauma' Rajai Billboard 200
Photo :
  • Istagram
Pink

VIVA – Di tahun 2017 ini, penyanyi Pink merupakan satu-satunya musisi wanita yang melakukan debut terbesar. Album terbarunya yang berjudul 'Beautiful Trauma' berhasil memuncaki tangga lagu Billboard 200.

Dilansir dari Billboard, 22 Oktober 2017, album 'Beautiful Trauma' yang dirilis pada tanggal 13 Oktober 2017 melalui label RCA Records ini, merupakan album studio ketujuh Pink setelah album terakhirnya 'The Truth About Love' dirilis pada 2012 silam.

Billboard 200 itu sendiri merupakan tangga lagu untuk penjualan album terpopuler dengan acuan konsumsi multi-metrik. Parameter perhitungan yang dilakukan di Billboard 200 itu termasuk penjualan album, track equivalent album (TEA), dan streaming equivalent album (SEA).

Penjualan memuaskan 'Beautiful Trauma' pada pekan pertama sangat tertolong oleh suksesnya penjualan tiket konser dengan bundle album dalam promosi tur Pink.

Strategi semacam itu juga pernah menjadi kunci kesuksesan Metallica dalam penjualan album 'Hardwired...To Self-Destruct', album 'Witness' milik Katy Perry, album 'LCD Soundsystem' milik American Dream, dan 'Memories..Do Not Open' milik The Chainsmokers.

Diprediksi, album 'Beatiful Trauma' ini nantinya akan melewati pencapaian tertinggi untuk album seorang penyanyi wanita, melampaui apa yang pernah dilakukan oleh Katy Perry dengan album 'Witness'.

Saat itu album 'Witness' berhasil terjual sebanyak 180 ribu kopi dalam pekan pertamanya, berdasarkan data dari Nielsen Music. Album penyanyi wanita terakhir yang bisa terjual sebanyak 300 ribu kopi dalam hitungan satu minggu adalah album 'Lemonade' milik Beyonce, yang sukses terjual sebanyak 321 ribu kopi pada pekan keduanya. (mus)