Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 23 Oktober 2017 | 11:14 WIB
  • Magis, Ragam Topeng Nusantara di Balik Tarian Leluhur

  • Oleh
    • Anisa Widiarini
Magis, Ragam Topeng Nusantara di Balik Tarian Leluhur
Photo :
  • Press Kit Galeri Indonesia Kaya
Tari Topeng Teleg Jaug Bali

VIVA – Keragaman seni topeng hampir ada di beberapa budaya di Indonesia. Sebut saja topeng Betawi, Kalimantan, Jawa Barat dan Bali. Selain itu, kesenian ini biasanya juga disajikan dengan ragam tarian (tari topeng) sebagai pelengkap pertunjukan, sehingga mampu menimbulkan aura magis yang menghipnotis.

Sesuai dengan namanya, Tari Topeng merupakan tarian yang menggunakan topeng sebagai penutup wajah. Topeng sendiri telah ada di dunia sejak zaman pra-sejarah. Secara luas digunakan dalam tari yang menjadi bagian dari upacara adat atau penceritaan kembali cerita-cerita kuno dari para leluhur. 

Ayu Bulantrisna Djelantik, maestro tari Indonesia dan founder Bengkel Tari Ayubulan mengatakan bahwa tari topeng memiliki daya magis karena berkaitan dengan roh leluhur.

"Diyakini bahwa topeng memiliki kaitan erat dengan roh leluhur yang dianggap sebagai interpretasi dewa-dewa. Pada beberapa suku, topeng masih menghiasi berbagai kegiatan seni dan adat sehari-hari, ujarnya dalam rilis yang diterima VIVA.co.id, Senin, 23 Oktober 2017.

Selain berkaitan dengan roh leluhur, topeng-topeng juga dibuat untuk pementasan sendratari yang menceritakan kisah. Sebagai contoh, cerita klasik Ramayana dan cerita Panji yang berkembang sejak ratusan tahun lalu menjadi inspirasi utama dalam penciptaan Tari Topeng di Jawa. 

Selain itu, topeng digunakan pula dalam jenis tari kontemporer untuk menggugah rasa dan kesadaran penonton. meski memiliki kualitas seni tingkat tinggi, namun sayangnya masyarakat Indonesia belum banyak yang mengetahui sejarah dan asal muasal tarian tersebut.

"Meskipun tarian ini telah dikenal, namun masih banyak masyarakat yang belum mengetahui keberadaan berbagai jenis Topeng di Nusantara dan asal muasal serta perkembangannya.” ujar Ayu saat mengisi acara tari yang bertajuk bertajuk 'Di Balik Topeng' di Galeri Indonesia Kaya Minggu malam 22 Oktober 2017.

Lebih lanjut ia mengungkapkan bahwa jenis tari topeng sangat beragam. “Tari Topeng merupakan tarian yang dikenal di seluruh penjuru nusantara, bahkan di seluruh penjuru dunia. Ada banyak ragam jenis Tari Topeng di setiap daerah dengan ciri dan karakteristik yang berbeda-beda," ujarnya.

Malam itu, Ayu membawakan beberapa tarian topeng bersama bengkel tari Pusbitari, Exotica Borneo, dan Daya Presta. yang menyajikan ragam tarian seperti Tarian Topeng Pengawit Tapel dari Bali, Tarian Topeng Kedok Ekspresi khas Betawi, Topeng Kelana Kasmaran dari Cirebon, Jawa Barat, Tarian Topeng Hudoq khas Dayak, dan Tari Topeng dari Bali berjudul Topeng Telek Jauk.

Tari Topeng Kedok Ekspresi Betawi

Pertunjukkan Penari Dibalik Topeng