Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 26 Oktober 2017 | 23:29 WIB
  • Atraksi Musik dan Mode Siap Percantik Candi Prambanan

  • Oleh
    • Zahrotustianah,
    • Rintan Puspitasari
Atraksi Musik dan Mode Siap Percantik Candi Prambanan
Photo :
  • VIVA.co.id/Rintan Puspitasari
The Rise of Java

VIVA – Tak ada yang memungkiri keindahan Candi Prambanan di Yogyakarta. Sarat nilai budaya disertai cerita cinta di balik pembuatannya menambah pesona seribu candi itu. Bagaimana jadinya jika keindahan Prambanan dipadukan dengan musik dan busana untuk memperkuat identitas budaya Jawa di tengah era globalisasi saat ini?

The Rise of Java, sebuah acara yang akan menyajikan perjalanan sejarah kekayaan tanah Jawa yang dikemas dalam sebuah pertunjukan musik dan mode. Acara ini akan menjadi pagelaran penuh dengan makna historis.

Bukan pekerjaan mudah tentunya untuk memadukan musik dan mode kekinian dengan musik tradisional, namun menjadi menjanjikan ketika itu akan digarap oleh tangan dingin Dwiki Dharmawan. Perpaduan musik tradisional dan modern akan menjadi latar, baik saat pagelaran busana dari empat desainer ternama hingga penampilan para penyanyi Tanah Air, seperti Andien, Rafly Kande, Sruti Respati, dan Wizzy.

"Di sini saya tidak boleh egois untuk musik, ini benar-benar kolaborasi," ujar Dwiki saat jumpa pers di Senopati, Jakarta Selatan, 26 Oktober 2017.

Sementara Andien yang akan mengisi acara tersebut juga mengatakan bahwa dia sebagai orang keturunan Jawa sangat mendukung acara seperti ini.

"Acara ini bisa dibilang antara sejarah budaya sama kebudayaan yang ada sekarang, jadi kayak fusion gitu. Ada laguku yang kekinian tapi dibawakan dengan cara yang sangat 'Njawani,' nanti interpretasi akan terlihat pas aku nyanyi di sana," kata Andien membuat penasaran.

Pertunjukan ini nantinya akan dibuka dengan Sendratari Ramayana, dilanjutkan pertunjukan bertajuk The Rise of Java yang terbagi dalam empat babak. Setiap babak melambangkan perkembangan peradaban Nusantara. Dan dalam setiap babak itu juga akan ada peragaan busana dari empat perancang ternama, Afif Syakur, Didiet Mulana, Lenny Agustin, dan Phillip Iswardono yang ditampilan oleh 48 model dari Jakarta, Yogyakarta, Solo, Semarang dan Surabaya.

The Rise of Java akan digelar pada 5 November 2017 di Theater Panggung terbuka Sendratari Ramayana, Candi Prambanan pukul 19.00 WIB. Tiket bisa diperoleh secara online melalui theriseofjava.mahanalive.com, atau rajakarcis.com.

Harga tiket dibagi dalam empat kelas, yaitu Platinum Rp750 ribu, Gold Rp500 ribu, Silver Rp400 ribu, dan Bronze Rp250 ribu.