Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 30 Oktober 2017 | 15:46 WIB
  • Video Musik Indonesia Raya 3 Stanza Segera Diluncurkan

  • Oleh
    • Zahrotustianah,
    • Shintaloka Pradita Sicca
Video Musik Indonesia Raya 3 Stanza Segera Diluncurkan
Photo :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis
Supporter Timnas: Indonesia Lawan Malaysia Leg II

VIVA – Pemerintah mulai menganjurkan untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya 3 stanza, bahkan mewajibkannya mulai dari sekolah-sekolah tahun ini. Sementara itu, masih terus berusaha, perusahaan startup Gojek telah memperlihatkan dukungannya untuk membumikan lagu Indonesia Raya 3 stanza. 

Lagu Indonesia Raya 3 stanza diinisiasi Gojek untuk diviralkan melalui sebuah karya video musik. Video musik digarap dengan menghimpun semua lapisan masyarakat, mulai dari mitra internal Gojek, seniman, seperti penyanyi Andien.  Ada juga murid-murid sekolah, nelayan, petugas kebersihan, anak-anak difabel, hingga komunitas punk. 

Video musik juga dibuat dengan latar belakang yang dapat merepresentasikan Indonesia yang kaya alam, budaya, dan suku bangsanya. 

"Kita menyambut yang dikerjakan Gojek, yang sejalan dengan kementerian. Karena melalui video ini bisa bicara menyangkup ruang komunikasi yang lebih luas. Kalau kementerian kan baru mengusahakan melalui selebaran ke sekolah-sekolah," ujar Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Indonesia Hilmar Farid, di Senayan City Jakarta, pada Senin 30 Oktober 2017.

Surat edaran tersebut baru disebar sekitar dua minggu kemarin dan saat ini masih digodog untuk teknisnya sebelum disahkan sebagai aturan pakem. 

Indonesia Raya 3 stanza berdurasi kurang lebih berdurasi 4.30 menit. Hilman berharap, dengan video musik ini tugas pemerintah untuk membumikan Indonesia Raya 3 stanza di kalangan generasi millennial, khususnya, dapat dipercepat dan diperluas menjadi sebuah tren. 

Chief HR Gojek Monica Oudang, mengatakan bahwa YouTube saat ini menjadi salah satu media yang sering dilihat dan digunakan. Sehingga, menurutnya, pilihan yang tepat untuk menggunakan video musik sebagai media pengenalan lagu Indonesia Raya 3 stanza, atau bahkan bisa menciptakannya sebuah tren baru. 

Ditujukan untuk layanan masyarakat, Monic mengatakan, Gojek tidak mengomersialisasikan video ini. Dalam video tersebut tidak terlihat atribut Gojek sama sekali. Ia mengklaim, talent yang ikut serta, berkontribusi secara sukarela.