Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 30 Oktober 2017 | 20:24 WIB
  • Andien Menangis Saat Menyanyikan Lagu Indonesia Raya

  • Oleh
    • Daurina Lestari,
    • Shintaloka Pradita Sicca
Andien Menangis Saat Menyanyikan Lagu Indonesia Raya
Photo :
  • VIVA.co.id/ Bobby Agung
Andien

VIVA –  Menyanyikan lagu Indonesia Raya 3 stanza, penyanyi Andien Aisyah meneteskan air mata. Andien mendapatkan kesempatan untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya 3 stanza dalam proyek penggarapan video musik oleh perusahaan ojek online, Gojek.

Andien bercerita saat menyanyikan lagu tersebut tanpa disadari dan diduga dirinya menangis. Padahal lagu Indonesia Raya sudah sangat biasa dinyanyikan, walaupun hanya satu stanza.

"Kita sering ngomong patriotisme dan nasionalisme, ternyata kita, dalam diri kita juga ada rasa itu. Jadi, kemungkinan saat menyanyikan itu sisi dari diri saya ikut tergerak," ucap Andien di Senayan City Jakarta pada Senin, 30 Oktober 2017.

Andien juga kemudian berbagi cerita saat pertama kali dirinya ditawari Gojek untuk berpartisipasi dalam proyek pembuatan video layanan masyarakat tentang Indonesia Raya 3 stanza ini. "Namanya juga layanan masyarakat ya jadi emang enggak ada nominalnya di sini, tapi saya enggak mikir dua kali untuk ikutan," ucap Andien.

Dalam video tersebut, Andien hanya muncul di stanza pertama, meski saat proses syuting dan rekamannya, ia lakukan hingga stanza ketiga. Kendati tidak mendapat bagian banyak, Andien sangat suka dengan hasilnya.

Saat mendengar penjelasan konsepnya pun Andien sudah sangat suka dan tertarik. Alasannya, melibatkan banyak pihak, unsur budaya dan alam yang merepresentasikan keragaman Indonesia.

Selain itu, hal ini dipikirnya dapat memberikan manfaat ke banyak orang. Ini adalah pengalaman Andien terlibat dalam video musik layanan masyarakat bersama putranya, Anaku Askara Biru.

"Saya pikir saya dilibatkan hanya untuk menyanyi, sampai akhirnya saya dikasih tahu kalau Kawa ikutan juga. Ternyata yang ingin diperlihatkan melalui peran saya, selain penyanyi, ternyata juga sebagai ibu," ujar Andien.

Andien mengungkapkan bahwa video musik ini hendak menggambarkan perbedaan-perbedaan yang ada, tidak hanya di level suku, budaya, melainkan juga peran individu setiap masyarakat. "Masyarakat itu multiperan dan multisektor, tapi tetap bisa terhubung satu sama lain untuk memajukan bangsa Indonesia," ucap Andien.