Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 31 Oktober 2017 | 18:45 WIB
  • Reza Rahadian Tiba-tiba Jadi Puitis Bak Chairil Anwar

  • Oleh
    • Zahrotustianah,
    • Mohammad Yudha Prasetya
Reza Rahadian Tiba-tiba Jadi Puitis Bak Chairil Anwar
Photo :
  • VIVA.co.id/Bobby Agung
Reza Rahadian

VIVA – Titimangsa Foundation dan Bakti Budaya Djarum Foundation akan menggelar pementasan teater dengan lakon Perempuan Perempuan Chairil, yang akan dilangsungkan di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki, pada 11-12 November 2017 mendatang.

Diproduseri oleh Happy Salma dengan Agus Noor selaku sutradara, pementasan lakon ini merupakan adaptasi dari novel biografi karangan penulis Hasan Aspahani.

Reza Rahadian yang memerankan sosok Chairil Anwar mengakui, dalam mendalami sosok Chairil yang sangat puitis dan serius tersebut, dirinya telah mendapat banyak bantuan dan arahan dari tim produksi.

"Proses kreatifnya berjalan dengan cukup lancar. Jadi saya dibantu banyak sekali oleh Mas Agus dan tim, yang membantu bagaimana caranya membedah naskah kemudian menghafal dialog yang sangat banyak sekali," ujar Reza, saat ditemui di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa 31 Oktober 2017.

Ketika ditanya apa kendala yang dihadapi saat menjadi Chairil di pementasan ini, Reza pun mengakui, naskah dialog yang harus dihafal olehnya memang cukup sulit untuk dimainkan.

"Yang sulit dari dialog adalah banyak sekali sisipan-sisipan puisi dari Chairil Anwar. Tapi itu juga merupakan sesuatu yang unik sekali buat saya sebenarnya," ujar Reza.

Namun, Reza mengakui, karena Agus Noor sang sutradara sudah memiliki konsep utuh mengenai sosok Chairil ini, dirinya pun banyak dibantu untuk menjalani lakon sebagai Chairil Anwar.

"Sebenarnya yang banyak membantu itu, karena sutradaranya udah tahu ya maunya apa. Yang repot kan kalau sutradara enggak tahu maunya apa," kata Reza.

Mengenai segala persiapan untuk proses kreatif terkait pementasan, Reza mengaku dia dan para pemain serta segenap tim produksi memang telah menyiapkan semua aspek pertunjukan ini sejak tiga bulan lalu.

Namun, Reza pun sempat-sempatnya menggoda Chelsea Islan yang juga hadir bersamanya, karena aktris itu ternyata memang baru beberapa kali ikut latihan bersama para pemain lainnya.

"So far, persiapan kita semua udah berjalan tiga bulan lebih. Kenapa bengong Chelsea? Oh kamu baru dua kali, sibuk sih ya. Cuma Chelsea yang latihan dua hari, (pemain) sisanya sih tiga bulan latihan," ujarnya disambut tawa hadirin.

Diketahui, selain Reza Rahadian yang memerankan Chairil Anwar, bintang lain yang turut berperan dalam pementasan Perempuan Perempuan Chairil ini antara lain adalah Marsha Timothy sebagai Ida Nasution, Chelsea Islan sebagai Sri Ajati, Tara Basro sebagai Sumirat, dan Sita Nursanti sebagai Hapsah Wiriaredja. (asp)