Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 1 November 2017 | 21:19 WIB
  • Afgan Ajak Move On Lewat Lagu X

  • Oleh
    • Daurina Lestari,
    • Rintan Puspitasari
Afgan Ajak Move On Lewat Lagu X
Photo :
  • VIVA.co.id/Rintan Puspitasari
Afgansyah Reza

VIVA – Mantan, satu kata yang bisa saja kembali menarik semua kenangan cinta lama. Hampir semua orang yang pernah jatuh cinta pasti juga pernah merasakan patah hati. Kisah cinta yang awalnya penuh cerita indah tiba-tiba saja menjadi kenangan menyakitkan saat hubungan berakhir begitu saja.

Terinspirasi dari kisah cinta pribadinya, penyanyi pop Afgansyah Reza merilis video dari single terbarunya berjudul X. Dalam lagu ini dia berduet bersama rapper asal Malaysia, SonaOne.

Lagu ini sukses meraih penghargaan kolaborasi terbaik di ajang penghargaan Anugerah Planet Muzik 2017. Lagu ini sendiri bercerita tentang seseorang yang ditinggalkan oleh mantan.

"X itu artinya mantan, jadi lagunya tentang ditinggalkan mantan tentang ditinggalkan oleh mantan. Karena saya yakin di Indonesia ini banyak yang alami hal itu dan lagu seperti ini bisa dirasakan jadi ikutan baper," kata Afgan di Decanter, Kuningan, Jakarta Selatan, 1 November 2017.

Lagu ini membuat Afgan keluar dari zona nyamannya. Ia selama ini dikenal selalu menyanyikan lagu ballad tiba-tiba muncul dengan lagu bernuansa urban dengan sentuhan hip hop. Lewat lagu X ini Afgan mencoba untuk memberikan sesuatu yang baru di 10 tahun kariernya bermusik.

"Bisa dibilang saya lumayan cari risiko, ya mengubah musik saya, yang sebelumnya lagu ballad sekarang urban sedikit hip hop. Pertama kali dalam karier saya berani merilis lagu seperti ini," ucapnya.

SonaOne yang turut mengisi bagian Rap di lagu ini mengaku sangat senang bisa bekerja sama dengan Afgan, dan tidak menyangka proses pembuatan lagu ini cukup singkat.

"Buat saya ini awal yang bagus, di studio seperti Afgan bilang, hanya tiga jam (buat lagu X). Ini sangat alami, aku bahkan tidak tahu bagaimana ini terjadi, sangat cepat, dan ini ajaib. Ini salah satu kolaborasi favorit, dan juga kolaborasi pertama dengan penyanyi Indonesia," kata Sona

Video klip lagu X yang diambil di salah satu gedung dengan arsitektur urban futuristik di Korea Selatan semakin membuat cerita lagu bernuansa hip hop ini lebih hidup. Menariknya lagi, kampanye lagu X ini dibarengi dengan kampanye #XceritaMu di media sosial, di mana para penggemar berbagi cerita tentang perjuangan mereka untuk bisa move on dari masa lalu. (mus)