Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 14 November 2017 | 02:04 WIB
  • Mengintip Aksi Showcase 'Anti Narkoba For Us You Matter'

  • Oleh
    • Beno Junianto
Mengintip Aksi Showcase 'Anti Narkoba For Us You Matter'
Photo :
  • dok.ist
Joe Matter School of Music Gelar JMSM Showcase

VIVA – Setelah sukses menggelar Joe Matter School of Music (JMSM) 3rd  Family Matter Day, kini JMSM menggelar JMSM Showcase berjudul "Anti Narkoba, For Us You Matter" pada Minggu 12 November 2017 pukul 12.30 - 14.45 WIB di South Quarter (SQ) Dome, TB Simatupang, Cilandak, Jakarta.

Acara ini menampilkan murid-murid JMSM serta narasumber seperti psikolog anak Amanda Margia Wiranata dan mitra Badan Narkotika Nasional (BNN) Gary Claymondt.

Direktur JMSM Joe Matindas mengatakan JMSM Showcase ini merupakan program acara terbaru. Acara ini digelar untuk memberikan kesempatan kepada murid-murid JMSM tampil di atas panggung. Hal ini dilakukan agar para murid dapat meningkatkan kepercayaan diri untuk tampil dihadapan lebih dari 350 penonton.

"Dalam acara ini JMSM memang memberikan kesempatan lebih banyak kepada anak-anak untuk tampil dibandingkan dengan durasi talkshownya. Bukan JMSM namanya tanpa diselipkan talkshow yang berguna untuk mengedukasi orang tua murid dalam setiap program acara JMSM," kata Joe.

Joe menjelaskan acara ini terbuka untuk umum. Bahkan, masyarakat dapat menikmati berbagai kuliner yang disajikan di SQ Dome.  "Pengunjung yang datang mendapatkan pendaftaran gratis di hari itu selama acara berlansung," jelas Joe.

JMSM Showcase mengambil tema "Anti Narkoba". Ini merupakan kepedulian JMSM terhadap ancaman bahaya narkoba yang saat ini marak terjadi kepada anak-anak usia SD. Oleh karena itu, lanjut Joe, JMSM menghadirkan dua narasumber yakni Amanda dan Gilbert.

Menurut Data Badan Narkotika Nasional (BNN) pengguna narkotika dan obat-obatan terlarang (narkoba) pada 2014 terdapat 22 persen pengguna narkoba merupakan pelajar dan mahasiswa. Sementara itu, menurut Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) pada 2016 jumlah pengguna narkoba di usia remaja naik menjadi 14 ribu jiwa dengan rentang usia 12-21 tahun. Sedangkan, pada 2015 tercatat anak usia di bawah 19 tahun berjumlah 348 orang dari total 5.127 orang yang direhabilitasi.

JMSM Kembangkan "Coaching Metodology"

Berdiri sejak September 2016, JMSM saat ini mengkhususkan diri pada kursus piano, gitar, vokal, ukulele dan biola. Kursus ini meliputi jenis musik klasik, kontemporer dan jazz yang dibimbing oleh tim pengajar ahli yang bersahabat dan memiliki gelar sarjana seni. Sekolah musik ini menggunakan coaching metodology dalam proses belajar mengajar di kelas

Tim pengajar JMSM dimentori oleh Ayu Dyah Pasha (artis), Amanda Margia Wiranata (psikolog), Rien Safrina Djamalus (dosen Fakultas Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik Universitas Negeri Jakarta), Maik Hinganaday (guru Bahasa Inggris) dan Antonia Rahartati Bambang (translator komik Asterix)

JMSM menggunakan musik sebagai alat untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan, nilai dan watak murid. Melalui musik, JMSM memicu murid untuk mengembangkan displin, daya tanggap, kesabaran, rasa hormat, apresiasi, kepercayaan diri dan kejujuran. Selain itu, JMSM bertujuan untuk mengembangkan nilai hidup, etika, dan emosi yang mapan untuk menciptakan pribadi yang seimbang.