Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Sabtu, 18 November 2017 | 09:52 WIB
  • Bersiap Nostalgia Panbers Era 1970-an

  • Oleh
    • Zahrotustianah,
    • Mohammad Yudha Prasetya
Bersiap Nostalgia Panbers Era 1970-an
Photo :
  • dokumen pribadi
Panbers

VIVA – Sebuah acara pagelaran seni dengan judul, 'In Memoriam; Perjalanan Sang Legenda Benny Panjaitan,' akan digelar pada 23 November 2017 di Graha Bakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat pukul 19:00 WIB.

Ditemui di tengah-tengah acara latihan bersama, Gusti Randa yang berlaku sebagai show director menjelaskan, acara ini digagas demi mengapresiasi rekam jejak perjalanan Benny Panjaitan bersama Panbers.

Tak tanggung-tanggung, sejumlah karya Benny Panjaitan dan Panbers yang akan ditampilkan dalam acara ini akan mengakomodasi sederetan hits lawas, sejak pertama kali mereka meluncurkan album di era 1970an.

"Yang pasti ini bukan acara sedih-sedihan karena beliau sudah pergi, tapi ini juga bukan acara yang girang-gembira gitu. Ini adalah apresiasi untuk karya-karya Benny Panjaitan yang begitu banyak," ujar Gusti di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat, 17 November 2017.

Gusti juga menjelaskan, akan ada sejumlah artis dan musisi yang turut serta menampilkan karya-karya Benny Panjaitan dan Panbers di acara tersebut.

Beberapa artis itu pun terdiri atas sejumlah kalangan, yakni anggota Parfi '56, musisi, dan penyanyi solo lawas, bahkan hingga band rock anak muda kekinian yang akan diwakili oleh unit rock n roll asal Jakarta, Kelompok Penerbang Roket.

"Ada Mbak Nia Daniaty, Dian Pisesha, Joy Tobing, Edo Kondologit, bahkan sampai band rock Kelompok Penerbang Roket, banyak banget deh pokoknya. kami akan menampilkan lagu-lagu Bang Benny dari Volume 1, mana-mana saja yang hits, bahkan sampai dengan yang terakhir," ujarnya.

Hard Rock

Di awal kemunculannya pada medio 1970-an, grup band legendaris Panbers ternyata beraliran hard rock. Hal itu diungkapkan oleh aktor Gusti Randa.

"Ternyata album Volume 1 Panbers itu, lagu-lagunya tuh lagu hard rock, seperti misalnya Jakarta City Sound. Mungkin anak-anak generasi now itu bisa kaget, 'Oh ternyata saat itu Panbers sudah menciptakan lagu yang progresif untuk ke depannya', begitu," ujarnya.

Oleh karenanya, di acara yang akan menampilkan sejumlah karya Panbers dari awal kemunculan mereka hingga album terakhirnya itu, Gusti dan pihak panitia pun juga menggandeng band rock n roll ibu kota yang kini tengah naik daun, yakni Kelompok Penerbang Roket.

"Nah, hal-hal seperti itu yang kami angkat. Makanya ada band Kelompok Penerbang Roket yang kami hadirkan untuk memainkan tembang-tembang hard rock Panbers tersebut," ujarnya.

Tak hanya itu, nantinya juga akan ada sejumlah pertunjukan seni lainnya di acara tersebut, yang akan menggambarkan atmosfer kancah musik Tanah Air di era Panbers lahir pada dekade 1970-an silam.

"Nanti akan ada juga performers pantomim, di mana kami ingin membalikkan pemikiran penonton bahwa di tahun 1970-an, begitu banyak musik, ada Koes Plus, ada macam-macam dan ada Panbers yang mempunyai ciri khas," kata Gusti lagi.