Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 22 November 2017 | 11:11 WIB
  • Festival Bintang Reggae Akan Digelar, Usung Misi Lingkungan

  • Oleh
    • Zahrotustianah,
    • Mohammad Yudha Prasetya
Festival Bintang Reggae Akan Digelar, Usung Misi Lingkungan
Photo :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya
Jatim Reggae Star Festival 2017

VIVA – Setelah sukses menggelar Bali Reggae Star Festival selama tiga tahun berturut-turut, penyanyi Tony Q Rastarafa bersama sederet musisi reggae lainnya akan menggelar Jatim Reggae Star Festival pada 16 Desember 2017, di Stadion Brantas, Kota Batu, Malang, Jawa Timur.

Tony mengatakan, keberhasilan BRSF 2017 mengumpulkan dana untuk disumbangkan kepada para pengungsi Gunung Agung dan menyediakan tong sampah yang disebar ke seluruh penjuru kota Bali, akan kembali dilakukan di Jatim Reggae Star Festival 2017 ini dengan program sosial serupa.

"Yang paling penting adalah bagaimana semangat ini kita angkat dari Bali Reggae Star Festival 2017 kemarin, di mana semangatnya tidak sekadar bagaimana kita berhura-hura dalam bermusik. Tapi bagaimana agar bergulir sedemikian rupa menurut konteks visi dan misi kita, yaitu bagaimana membuat sesuatu yang berangkat dari musik menjadi sesuatu yang bermanfaat buat lingkungan kita," kata Tony saat ditemui di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Selasa 21 November 2017.

Tak hanya itu, melalui penyelenggaraan Jatim Reggae Star Festival 2017 ini, Tony dan tim penyelenggara juga ingin ikut membantu sektor pariwisata daerah, sehingga akan berdampak positif bagi masyarakat sekitar.

"Jadi nanti di acara Jatim Reggae Star Festival ini, selain mengakomodir musik kita, ini juga bisa menjadi sebuah aspek pariwisata baru dalam konteks musik, dan menjadi euforia baru serta kegiatan positif di masyarakat," ujarnya menambahkan.

Tony berharap, pihaknya bisa menjadikan Pulau Jawa sebagai tolak ukur bahwa musik reggae dapat berdampak besar bagi lingkungan dan masyarakat.

Karenanya, dia optimis mampu mengajak seluruh pecinta musik reggae untuk turut berpatisipasi dalam visi dan misi terkait lingkungan, yang menjadi latar belakang dari penyelenggaraan Jatim Reggae Star Festival 2017 ini.

"Jadi harapannya Jatim Reggae Star Festival ini bisa menjadi tolak ukur pulau Jawa. Kenapa pilih Jatim, karena kita semuanya berpengalaman bahwa komunitas Reggae itu banyak di sana, begitu juga di Bali kemarin, dan itu sangat luar biasa," ujarnya.

Selain Tony Q Rastafara, nantinya akan ada 13 band dan musisi reggae lainnya dari berbagai wilayah, seperti Cozy Republic, Steven Jam, Denny Frust, Geranium Reggae Lumajang, Cah Reggae Jember, Tropical Forest Malang, Malang Dub Foundation, Rainbow Skankin Belitung, serta musisi dan band reggae Tanah Air lainnya. (mus)