Fade2Black Kampanye Pelestarian Orangutan di Album Baru

Bondan Ft Fade2Black
Sumber :
  • VIVAnews/ Gestina Rachmawati

VIVA – Grup hiphop asal Kota Bogor, Fade2Black, baru saja merilis album perdana mereka 'Tabik!', yang berisi 11 lagu di bawah label Sony Music.

Fade2Black Kaget Pak Bondan Tiada, Salah Kira Bondan Prakoso

Di antara 11 lagu tersebut, terdapat sebuah lagu berjudul 'Tangan dan Mata', yang didedikasikan bagi dua ekor orangutan bernama Kopral dan Shelton.

Salah satu personel Fade2Black, Tito menjelaskan, sejak 2014, grupnya memang terlibat dalam sebuah kampanye yang digagas sebuah yayasan asli Indonesia untuk melestarikan orangutan, yakni Borneo Orangutan Survival Foundation.

Di Album Baru, Fade2Black Sukses 'Lepas' dari Bondan Prakoso

"Misi mereka mengembalikan orangutan yang merupakan primata itu, untuk disterilisasi dan dilepasliarkan kembali ke hutan," kata Tito saat ditemui di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Rabu 29 November 2017.

"Karena orangutan itu sebenarnya tidak boleh berinteraksi dengan manusia, makanya mereka punya yang namanya Sekolah Hutan, untuk mengembalikan kodrat orangutan tersebut," dia menambahkan.

Alasan di Balik Nama 'Tabik' Sebagai Judul Album Fade2Black

Pada kesempatan yang sama, personel Fade2Black lainnya yakni Santoz menjelaskan, upaya mendedikasikan lagu 'Tangan dan Mata' bagi kedua orangutan bernama Kopral dan Shelton itu memiliki kisah pilu di baliknya.

Sebab, kedua orangutan itu merupakan hewan cacat, akibat kejahatan manusia dan sebuah tragedi kecelakaan yang terjadi pada salah satu di antaranya.

"Kami sempat mengadopsi dua orangutan bernama Kopral yang buta karena ditembak pemburu, dan Shelton yang tidak punya tangan karena tersengat listrik. Jadi mereka ini akhirnya saling melengkapi dalam hidupnya masing-masing," kata Santoz.

"Makanya kami punya satu track di track terakhir yang berjudul 'Tangan dan Mata', yang kami dedikasikan untuk kedua orangutan tersebut karena melihat bagaimana kegigihan mereka bekerja sama untuk bertahan hidup," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya