Album 'Reputation' Taylor Swift Bisa Diakses Streaming

Taylor Swift dalam video klip terbarunya.
Sumber :
  • YouTube/Big Machine Records

VIVA – Setelah tiga pekan menahan penjualan online streaming, akhirnya pada akhir pekan lalu Taylor Swift pun merilis album 'Reputation' di sejumlah platform seperti Spotify, Apple Music, Google Play, dan platform musik lainnya.

5 Artis Hollywood Ini Dulu Korban Bullying, Sekarang Sukses

Dilansir dari Aceshowbiz, Senin 4 Desember 2017, Swift tadinya akan tetap menahan penjualan streaming hingga setelah musim liburan. Namun, setelah album tersebut menghasilkan penjualan awal yang mengesankan, Taylor pun akhirnya memutuskan bahwa akhir pekan kemarin adalah waktu yang tepat untuk membuatnya tersedia dalam layanan streaming.

"Taylor jelas menginginkan penjualan tertinggi, sehingga mereka masih menentukan waktu terbaik untuk membuatnya tersedia dalam layanan streaming. Pengecualian satu pekan ini pasti terjadi dan ada pembicaraan bahwa akan diadakan sampai setelah musim liburan," ujar sebuah sumber sebagaimana dilansir dari Aceshowbiz.

Taylor Swift Belikan Rumah untuk Fans

Taylor dikenal karena kritiknya yang vokal atas layanan streaming. Pada 2014, dia menarik semua lagunya dari Spotify, karena dia merasa bahwa layanan streaming adalah 'eksperimen besar' dan dia tidak ingin menyumbangkan karyanya ke dalam eksperimen tersebut.

"Saya tidak bersedia menyumbangkan karya hidup saya ke sebuah eksperimen, sehingga saya tidak merasa cukup mengompensasi para penulis, produser, seniman, dan pencipta musik ini," kata Taylor kala itu, "Dan saya tidak setuju dengan persepsi bahwa musik tidak memiliki nilai dan harus bebas," dia menambahkan.

'Reputation' Taylor Swift Terjual Sejuta Kopi dalam 4 Hari

Meski absen dari layanan streaming selama tiga pekan, ternyata album 'Reputation' berhasil menduduki puncak chart Billboard 200 saat meraup 1,2 juta kopi penjualan, termasuk 1,2 juta kopi lainnya dalam penjualan album tradisional.

Bahkan, penjualan album tradisional tersebut juga menandai penjualan terbesar tahun ini, dan juga merupakan penjualan terbesar ke-10 sejak 1991. Selain itu, penjualan album 'Reputation' ini juga berhasil mengalahkan total penjualan album terbaik tahun ini, yakni album Ed Sheeran 'Divide (Division Sign)' yang terjual sebanyak 931 ribu kopi.

Taylor Swift dalam video klip terbarunya.

Taylor Swift Bahagia Konsernya Ditonton Adele dan JK Rowling

Taylor pun mendapat hadiah berupa buket bunga.

img_title
VIVA.co.id
27 Juni 2018