Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 25 Oktober 2017 | 11:12 WIB
  • Drama Korea jadi Tayangan Favorit Generasi Z dan Millennial

  • Oleh
    • Lutfi Dwi Puji Astuti
Drama Korea jadi Tayangan Favorit Generasi Z dan Millennial
Photo :
  • Soompi
Serial drama Korea baru yang bakal tayang bulan Oktober.

VIVA – Generasi millennial (usia 21-24 tahun) dan generasi Z (usia 15-20 tahun) sudah makin meninggalkan siaran TV konvensional dan TV kabel dan makin beralih menonton film atau acara TV via internet.

Dari riset Nielsen (2016), sekitar 44 persen anak muda 18-34 tahun di asia pasifik rela eberlangganan TV kabel demi mengalihkan uangnya untuk berlangganan konten video di internet.

Menurut prediksi dari Zenith Media, jumlah penonton video via internet sampai akhir 2017 akan mencapai 732 juta per bulan, melonjak lebih dari 90 persen dalam lima tahun terakhir.

Tak hanya itu, salah satu tayangan yang paling banyak ditonton melalui internet salah satunya adalah drama Korea. Data dari pengguna aplikasi Tribe Indonesia malah menunjukkan rata-rata durasi menonton drama korea per hari sudah mencapai 76 menit, lebih lama dari rata-rata durasi menonton video di YouTube Indonesia yang mencapai satu jam per hari.

Salah satu drama korea yang paling laris ditonton di Tribe adalah My Secret Romance, dibintangi oleh Sung Hoon dan Song Ji-eun, keseluruhan episodenya sudah di tonton lebih dari 1,1 juta kali oleh 143,000 pengguna (rata-rata menonton 9 episode dari total 13 episode) aplikasi Tribe Indonesia sejak Mei 2017 lalu.

“My Secret Romance salah satu drama Korea yang di Indonesia eksklusif hanya ada di Tribe," ujar Iskandar Samad, CEO Tribe lewat rilis yang diterima VIVA.co.id.

Sebelum My Secret Romance, juga ada drama Strong Woman Do Boong Soon yang juga jadi favorit penggemar Drama Korea di Indonesia.

"Drama korea sepertinya memang cocok dengan selera anak muda generasi millennial."

Dari total 2 juta pengguna smartphone yang menonton di Tribe Indonesia, 78 persen atau lebih dari 1,5 juta berusia 18-34 tahun yang merupakan usia generasi millennial.