Beranda Login
img_title

Ahmad Alhabsyi

17 Mei 1980
s/d
Sekarang
img_title img_title
Sempat ingin jadi artis saat usia remaja, pria keturunan Arab Palembang ini menarik kembali niatnya dan meneruskan menjadi dai seperti sejak kecil ia lakukan mengikuti ayahnya. Ahmad Alhabsyi pun menjadi penceramah ternama tak kalah sohornya dengan artis papan atas.

Pria kelahiran Palembang, Sumatera Selatan, 17 Mei 1980 ini memiliki empat saudara. Ayahnya Abu Bakar Alhabsyi adalah keturuan Arab Palembang. Ahmad Alhabsyi menikah dengan Putri Aisyah Aminah dan dikaruniai tiga orang anak.

Sejak kecil Alhabsyi sudah dididik dalam lingkungan agama. Ayahnya seorang penceramah agama.Ia pun didaftarkan sekolah ke Pondok Pesantren Ar Riyadh Palembang.

Saat usia 15 tahun setingkat kelas 3 SMP, pada tahun 1995, ia sudah belajar berdakwah. Sebagai pemula, ia mengikuti jejak ayahnya ikut berceramah keliling Malaysia dan Singapura. Ia pun dikenal sebagai dai cilik. Bekal pendidikan keluarga dan pesantren, ia menjadi percaya diri untuk tampil di depan banyak orang.

Meski begitu, Ahmad Alhabsyi mengaku tidak pernah memastikan keinginan menjadi penceramah sejak kecil. Awanya hanya sekadar mengikuti lingkungan keluarga dan ayahnya yang dikenal sebagai ustaz di Palembang.

Pada tahun 2000, kala usianya 20 tahun, ia pernah mencoba mengikuti ajang pemilihan model di majalah remaja. Bahkan ia juga sempat ingin terjun di dunia sinetron sebagai artis.

Pria berwajah Arab ini sebetulnya sudah memenuhi syarat untuk penampilannya sebagai seorang bintang. Pada waktu itu, ia ditawarkan casting untuk datang ke Jakarta, tapi  akhirnya ia pulang lagi ke Palembang. Ahmad Alhabsyi teringat pesan almarhum gurunya di pesantren yang tidak setuju pada dirinya menjadi seorang artis.

Sejak itu, ia kembali memastikan karier masa depannya lewat berdakwah bukan dengan menjadi artis. Alhabsyi semakin mantap menjadi dai untuk semua golongan. Tema ceramahnya ringan dan mudah dimengerti. Ia pandai dalam membuat kisah dalam ceramahnya. Ia pun berceramah di mana-mana dan  mendapatkan respons positif dari jemaah pengajian.

Pada tahun 2005, kala usia 25 tahun, tepat saat bulan Ramadan stasiun televisi SCTV mengundangnya untuk berduet dengan Ustaz Jefri AlBuchori untuk mengisi sebuah program televisi. Sejak itu, namanya mulai terkenal. Berbagai acara di Jakarta, Ahmad Alhabsy mulai mengisinya.

Ia pun mulai sibuk. Banyak jadwal undangan pengajian. Saking padatnya, ia membentuk managemen yang mengatur kegiatannya dengan nama Al-Habsyi Management beralamat di Kompleks Bumi Harapan Permai, Jalan Bumi Pratama VI Blok H No.5, Kampung Dukuh, Kramat Jati, Jakarta Timur.

Namanya makin tersohor. Ceramahnya yang mudah dipahami dan sesekali diselingi canda membetot perhatian televisi stasiuan lainnya. Ia pun mulai mengisi di berbagai program acara televisi. Di Indosiar ia banyak diberi program acara agama. Puncaknya, ia jadi juri pencarian bakat dai dalam program Akademi Sahur Indosiar (Aksi).



KELUARGA
Istri              :Putri Aisyah Aminah
Anak           :Muhammad Fachry Al Habsy
                    Fatimmah Najla
                     Khadijah Najwa

PENDIDIKAN
Pondok Pesantren Ar Riyadh Palembang


KARIER
Dai cilik
Penceramah
Pemilik travel umrah dan haji Alhabsyitravel.net
Pengisi acara di program SCTV
Pengisi acara di program AKSI Indosiar
Pengajian Palembang Darussalam



Berita Terkait
Viral Anak Habib Cantik dan Lucu Hafal Surah Al-Fatihah

Viral Anak Habib Cantik dan Lucu Hafal Surah Al-Fatihah

Trending

9 Agustus 2021
Ustaz Ahmad Alhabsyi Digugat Cerai Istri, Apa Alasannya?

Ustaz Ahmad Alhabsyi Digugat Cerai Istri, Apa Alasannya?

14 Februari 2017
Ahmad Alhabsyi

Ahmad Alhabsyi

27 Juni 2016
Share :