Beranda Login
img_title

Muhammad Arifin Ilham

agamawan
8 Juni 1969
s/d
22 Mei 2019
img_title img_title
Ustaz Muhammad Arifin Ilham punya khas tersendiri dalam berdakwah. Suara dan tema yang disampaikannya menggetarkan jiwa dan menenangkan hati. Suaranya serak-serak basah dan bertenaga menyentakkan semua orang yang mendengarnya.

Kalimat tauhid, takbir, tahmid bagian dari zikir yang merupakan tema-tema yang dibawakan Arifin Ilham.  Setiap ia menyampaikan persoalan apapun, ia tak jauh mengingatkan akan zikir kepada Allah dengan lantunan kalimat-kalimat baik tersebut.  

Ustaz Arifin Ilham lahir di Banjarmasin 8 Juni 1969. Ia merupakan anak kedua dari lima bersaudara dan menjadi satu-satunya anak laki-laki dari pasangan Ismail Marzuki-Nurhayati. Ayahnya merupakan keturunan ketujuh dari Syeh Al-Banjar, seorang ulama besar di tanah Kalimantan. Arifin memiliki dua istri; Wahyuniati Al-Waly dan Rania Bawazier.

Sejak kecil, Arifin dikenal sebagai anak nakal. Bahkan, ia pernah kecebur di sungai. Beruntung, dalam laman pribadinya, ibunya berhasil menolongnya. Bahkan saat SD pun predikat nakal dan pemalas masih bertengger di dirinya hingga baru bisa baca tulis huruf latin waktu kelas 3 SD. Ia sekolah di SD Muhammadiyah. Namun sayang, ia harus pindah sekolah karena berkelahi sampai bonyok dengan temannya. Akhirnya Arifin melanjutkan sekolahnya di SD Rajawali.

Saat menginjak masa SMP pun kenakalannya justru bertambah. Ia terpengaruh berbagai macam kenakalan remaja seperti merokok, berjudi dengan kelereng, mencuri uang ayahnya. Bahkan ia pernah mengancam  akan membakar rumahnya gara-gara minta dibelikan motor trail tidak dipenuhi ayahnya.

Hingga tiba saatnya orang tuanya pergi haji pada tahun 1982. Pikirannya mulai tidak tenang dan mencoba membenahi diri. Betapa terkejut kedua orang tuanya saat mereka kembali dari tanah suci melihat perubahan sikap anaknya yang drastis. Arifin minta dimasukan ke pesantren. Padahal ia baru kelas 1 SMP.

Pada tahun 1983, ia pun dimasukkan ke Pesantren Darunnajah Ulujami, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Di sini ia hanya  sampai kelas dua aliyah. Pada 1987, ia meneruskan kelas dua aliyah hingga kelas 3 di Pesantren Assyafi’iyah di Bali Matraman, Tebet, Jakarta Selatan. Sejak di pesantren, ia sudah berceramah. Baik ceramah di kampung halamannya maupun di Jakarta dan sekitarnya.

Setelah lulus dari pesantren, ia melanjutkan ke perguruan tinggi. Ia masuk FISIP, Jurusan Hubungan Internasional, Universitas Nasional (Unas), Jakarta. Ia lulus pada tahun 1994 kala usia 25 tahun.

Berbekal gelar sarjana, ia mengajar di Universitas Borobudur. Di sisi kehidupan lainnya, Ustaz Arifin dikenal sebagai seorang penyayang binatang. Ia memelihara burung hantu, ayam kate, bahkan kera. Pada awal April 1997, Ia diberi ular hasil tangkapan warga kampung di semak belukar. Namun, hal nahas pun terjadi, ular tersebut menggigitnya hingga keadaanya kritis.

Ia pun dilarikan ke rumah sakit. Namun, beberapa rumah sakit yang dikunjungi tidak menerimanya karena alasan perlengkapan medis sementara kondisi Arifin makin kritis. Sampai akhirnya, ia dibawa oleh Cut Tursina, ibu angkatnya, ke RS St. Carolus, Jakarta. Di sini Arifin dapat pertolongan dan pengobatan.

Tapi, keajaiban terjadi. Setelah 1 bulan melalui masa kritis. Akhirnya Arifin memasuki masa penyembuhan. Selama kritis, ia mendapatkan pengalaman spiritual dari alam bawah sadarnya. Hal tersebut semakin mengkukuhkan hatinya untuk jadi pengingat manusia agar selalu berzikir kepada Allah.

Sejak itu, ia mulai kembali mendalami dan berkonsentrasi di bidang agama. Yang tadinya dosen, ia beralih menjadi penceramah. Ia mulai hadir sebagai penceramah pengganti bila ustaz utamanya tidak hadir. Mulai dari sana, namanya mulai dikenal jemaah pengajian. Bahkan jamaah langsung meminta Arifin mengisi pengajian sebagai penceramah utama.

Pada tahun 1999, ia pindah ke depok dan mulai memimpin zikir di Masjid Al-Amr Bittaqwa di Perumahan Mampang Indah II, Depok. Ia mengenalkan zikir berjemaah. Pada awalnya dihadiri oleh tiga orang. Selanjutnya, jemaahnya terus bertambah. Alhasil, pengajian zikir yang digelar selalu dipenuhi jemaah dengan seragam baju warna putih. Sejak itu, tempat kegiatan Arifin Ilham dikenal sebagai Majelis Az-Zikra.

Namanya pun makin populer sebagai ustaz dengan suara khas dengan lantunan lapaz-lapaz zikir kepada Allah. Ia mulai tampil di acara-acara besar dan beberapa media televisi. Jemaahnya makin banyak. Ia pun mengembangkan majelis zikirnya ke luar daerah Depok. Pada 7 Juni 2009, majelis zikir secara resmi dipindahkan ke kawasan perumahan Bukit Az-Zikra, Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Setelah berjuang dengan penyakitnya dan dirawat di Penang, Malaysia, Ustaz Arifin Ilham menghembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit, Rabu (22/05/2019) malam.  Ia wafat pada usia 49 tahun. Jezahnya dibawa ke Indonesia dan dikuburkan di Kawasan Az-Zikra, Gunung Sindur, Bogor, Kamis (23/5). (DN) (Photo/Antara)

KELUARGA      
Orangtua                      : Ismail Marzuki-Nurhayati
Istri                                 :  Wahyuniati Al-Waly
                                          Rania Bawazier
Anak                              : Amtaza Syahla Arifin
                                        Alaa Hifzhiyah Arifin
                                        Muhammad Alvin Faiz
                                        Muhammad Amer Azzikra
                                        Muhammad Azka Najhan

PENDIDIKAN
TK Aisyiah, Banjarmasin, selesai
SD Muhammadiyah, Banjarmasin, tidak selesai
SD Rajawali, Banjarmasin, selesai
SMP Negeri 1, Banjarmasin, (sampai Kelas 1), 1984
Pesantren Darunnajah di Ulujami, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, sampai kelas 2 Aliyah
Pesantren Assyafi’iyah di Bali Matraman, Tebet, Jakarta Selatan, sampai selesai
S1, FISIP, Hubungan Internasional, Universitas Nasional, Jakarta,1994

KARIER
Dosen, Universitas Nasional (Unas), Jakarta
Penceramah
Pendiri Majelis Az-Zikra





Berita Terkait
Pria dengan Banyak Istri Risiko Tinggi Kena Serangan Jantung

Pria dengan Banyak Istri Risiko Tinggi Kena Serangan Jantung

Fit

6 Oktober 2017
Reaksi Istri Pertama Soal Wanita Ketiga Arifin Ilham

Reaksi Istri Pertama Soal Wanita Ketiga Arifin Ilham

Gosip

6 Oktober 2017
Kabar Zakir Naik Tampil Bareng Arifin Ilham di tvOne, Hoax

Kabar Zakir Naik Tampil Bareng Arifin Ilham di tvOne, Hoax

Nasional

3 Maret 2017
Arifin Ilham Ajak Jemaah Aksi 112 Doakan Ahok Masuk Islam

Arifin Ilham Ajak Jemaah Aksi 112 Doakan Ahok Masuk Islam

Metro

11 Februari 2017
Ustaz Arifin Ilham: Kami Sayang Ahok

Ustaz Arifin Ilham: Kami Sayang Ahok

Metro

22 November 2016
Ustaz Arifin Ilham Sebut Tak Ada Orasi di Demo 25 November

Ustaz Arifin Ilham Sebut Tak Ada Orasi di Demo 25 November

Metro

22 November 2016
Janji Kapolri ke Arifin Ilham Soal Kasus Ahok

Janji Kapolri ke Arifin Ilham Soal Kasus Ahok

Metro

19 November 2016
Doa Ustaz Arifin Ilham Buat Ahok

Doa Ustaz Arifin Ilham Buat Ahok

Metro

18 November 2016
Alasan Panglima TNI Gelar Istigasah di Monas

Alasan Panglima TNI Gelar Istigasah di Monas

Nasional

18 November 2016
Kena Gas Air Mata, Ustaz Arifin Ilham Sempat Dibawa ke RS

Kena Gas Air Mata, Ustaz Arifin Ilham Sempat Dibawa ke RS

Metro

4 November 2016
Ustaz Arifin Ilham Yakin Demo 4 November Damai

Ustaz Arifin Ilham Yakin Demo 4 November Damai

Metro

3 November 2016
Putra Ustaz Arifin Ilham Terjun ke Dunia Bisnis Travel Umrah

Putra Ustaz Arifin Ilham Terjun ke Dunia Bisnis Travel Umrah

22 Oktober 2016
Arifin Ilham

Arifin Ilham

7 Juni 2016
Share :