Download Our Application
A Group Member of VIVA
Atep
Atep
5 Juni 1985 -
Sekarang

PROFIL TOKOH

Nama lengkap

:
Atep

Profesi

:
Atlet

Tempat / Tgl Lahir

:
Cianjur, 5 Juni 1985

Karya / Prestasi

:

Kecintaanya bermain sepakbola, Atep bergabung dengan Persib Bandung. Sempat hijrah ke Persiba Bantul dan Persija Jakarta, pemain gelandang ini kembali lagi ke klub yang telah membesarkannya.

Atep Rijal atau biasa dipangggil Atep lahir di Cianjur, Jawa Barat, 5 Juni 1985. Anak dari pasangan Abidin dan Yati ini  mulai belajar sepakbola di sebuah klub anggota Persib Bandung, yaitu PS UNI. Atep memilih posisi gelandang dalam bermain bolanya.

Bersama Hariono, Atep mdnjadi pemain aktif yang paling lama membela Persib. Bisa dibilang Atep menjadi ikon pesepakbola asli Jabar dan asli binaan akademi sepak bola Persib.

Karier profesionalnya dimulai bersama Persib U-18, kemudian Atep melanjutkan kariernya pindah ke Jawa Tengah bersama klub Persiba Bantul. Di sana ia bermain kurang lebih 2 tahun. Kemampuannya semakin berkembang dan ia terpilih untuk memperkuat skuad timnas U-20.

Dengan membela timnas U-20, aksi Atep mencuri perhatian tim-tim besar dan salah satunya Persija Jakarta. Pada tahun 2004, secara resmi Persija Jakarta merekrut Atep. Bersama Persija, bisa dibilang karier Atep semakin mantap dan ia menjadi pilihan utama tim macan kemayoran tersebut.

Teknik dan skill Atep semakin berkembang, hingga ia memperkuat Timnas Indonesia untuk kejuaraan Piala AFF tahun 2005.

Saat kompetisi liga Indonesia musim 2007-2008, Persib sebenarnya ingin menarik kembali Atep untuk memperkuat Tim 'Maung Bandung', namun saat itu gagal dan Atep tetap bertahan bersama Persija.

Di Jakarta, Atep tak hanya memperoleh pengalaman bermain di klub Ibukota, tapi ia juga mendapatkan dambaan hatinya. Atep menikahi seorang wanita asal Ibukota Jakarta bernama Lilis Yamaini.

Pernikahan Atep bersama Lilis sebenarnya menyimpan hal yang menarik dan unik. Istrinya merupakan pengurus suporter Persija Jakarta, The Jackmania. Mereka dipersatukan dalam ikatan bola. Sementara saat ini publik mengetahui hubungan The Jackmania dan Bobotoh Persib kurang mesra.

Pada tahun 2008, Atep akhirnya pulang kampung. Pengurus Persib memintanya kembali berseragam biru untuk menghadapi Liga Indonesia musim 2008-2009. Ia berhasil membawa Persib Juara Indonesia Super League 2014 dan Juara Piala Presiden 2015.

Keberadaan Atep hingga saat ini di Persib Bandung menjadi salah satu pemain paling senior. Berkat loyalitasnya selama 10 tahun, Bobotoh Persib pun memberikan julukan "Lord Atep" kepada sang kapten ini. (AG/DN)


KELUARGA
Orang tua : Abidin - Yati
Istri            : Lilis Yamaini
Anak          : Alecia Zakira Ramadani
                      Nakeisha Amira Brabiela

KARIER
KLUB
Persiba (Pinjaman) (2005)
Persija ( 2004 - 2008)
Persib (2008 - Sekarang)

TIMNAS
PSSI U-20 (2003)
Merdeka Games (2006)
AFF Tiger Cup & Piala Asia (2007)

PRESTASI
Persib Jr. Juara Piala Suratin
PSSI U-20 Runner Up Piala Gubernur Kal-Tim
Peringkat III Divisi Utama Liga Indonesia (2004)
Runner Up Divisi Utama Liga Indonesia, Runner Up Copa Indonesia  (2005)
Semifinal Liga Indonesia (2007/2008)
Juara Indonesia Super League (2014)
Juara Piala Presiden (2015)