Download Our Application
A Group Member of VIVA
Soimah
Soimah
29 September 1980 -
Sekarang

PROFIL TOKOH

Nama lengkap

:
Soimah

Profesi

:
Seniman

Tempat / Tgl Lahir

:
Pati, Jawa Tengah, 29 September 1980

Karya / Prestasi

:

Menguasai seni karawitan dan sinden mengantarkan Soimah ke panggung hiburan. Ia tersohor sebagai artis multi talenta sebagai pembawa acara, penyanyi, dan komedian di layar kaca.

Pemilik nama lengkap Soimah Pancawati ini lahir di Pati, 29 Sepember 1980. Ia adalah anak kelima dari tujuh bersaudara dari pasangan pedagang ikan Hadinarko dan Kasmiyati.

Sejak usia SD, Soimah rajin membantu kedua orang tuanya. Hidupnya memang keras dan penuh kedisiplinan sejak kecil. Bahkan, ia harus bangun jam 3 dini hari untuk membantu sang ibu berjaualan ikan di pasar. Soimah kecil juga pernah membawa es balok sejauh 200 meter.

Selepas SMP, Soimah memilih untuk melanjutkan sekolah ke SMKI (Sekolah Menengah Karawitan Indonesia) dan mengambil jurusan Karawitan. Hal itu juga didukung oleh tantenya, M. M. Ngantini yang menjadi istri dari pemilik padepokan tari Bagong Kussudiardjo di Yogyakarta.

Bakat Soimah pun semakin terasah. Tak jarang ia menjuarai perlombaan kesenian karena kemampuan vokalnya, di antaranya Juara 1 Bintang Karaoke Dangdut se-Jateng-DIY, Juara 1 Bintang Televisi, dan Juara Dara Ayu.

Kemampuan nyinden Soimah juga semakin terasah setelah bergabung dengan Jogja Hip Hop Foundation. Bahkan, ia pernah ikut tur dunia untuk pertama kalinya bersama komunitas seni tersebut yang diselenggarakan pada 14 Mei 2011.

Sementara karier Soimah di layar kaca dimulai dengan menjadi penyanyi latar pada acara Seger yang tayang di ANTV. Istri dari Herwan Prandoko ini juga ternyata dikenal kocak dan jago melucu. Tak jarang ia pun didapuk untuk tampil sebagai komedian. Bahkan, Soimah pernah memandu acara dengan menggunakan namanya sendiri, @Show Imah.

Selanjutnya, ibu dua anak ini semakin sering tampil di layar kaca. Ia juga pernah berpartisipasi di acara Comedy Project, Sedap Malam, dan Indonesia Mencari Bakat. Namanya semakin mencorong setelah bermain di Yuk Kita Sahur yang bermetamofosis menjadi Yuk Keep Smile setelah bulan puasa selesai.

Banyak acara berformat variety show juga yang melibatkan dirinya. Baik sebagai komedian atau dewan juri. Beberapa acara yang dibintanginya yaitu D'T3rong Show, D’Academy, Bintang Pantura, Stand Up Comedy Academy, D’Academy Asia, dan The Dance Icon 2.

Soimah juga merilis beberapa single bertajuk Pelet Cinta (2014), Woyo Woyo (2015), dan Lukisan Kisah (2016). Kisah perjuangan dan kesungguhan Soimah bekerja betul-betul membawa perubahan pada hidupnya. Bahkan, ia juga menolang banyak orang. (AC/DN)

KELUARGA
Orang Tua       : (Alm.) Hadinarko dan (Almh.) Kasmiyati
Suami              : Herwan Prandoko
Anak                : Aksa Uyun Dananjaya dan Diksa Naja Naekonang



KARIER
Acara TV
@Show Imah (Trans TV)
Comedy Project (Trans TV)
Sedap Malam (ANTV)
Indonesia Mencari Bakat (Trans TV)
Yuk Kita Sahur (Trans TV)
Yuk Keep Smile (Trans TV)
Sahurnya Ramadan (Trans TV)
Ngabuburit (Trans TV)
Lenong Rempong (Trans 7)
So Sempruuul (SCTV)
D'T3rong Show (Indosiar)
D’Academy 2 sebagai Komentator (Indosiar)
Bintang Pantura 1 dan 2 (Indosiar)
Q'Academy (Indosiar)
Stand Up Comedy Academy sebagai Juri (Indosiar)
D’Academy Asia (Indosiar)
D’Academy 3 sebagai Komentator (Indosiar)
The Dance Icon 2 (SCTV)
D'Academy Celebrity sebagai Juri (Indosiar)

Diskografi
Pelet Cinta (2014)
Woyo Woyo (2015)
Lukisan Kisah (2016)

Film
Musik untuk Cinta (2016)

Iklan
Sosis So Nice
Alangsari Plus
Indosat
Sarimi Isi 2
Antangin JRG
Homy Ped
Pilkita Tenaga-X
Bonita