Download Our Application
A Group Member of VIVA
Giring Nidji
Giring Nidji
14 Juli 1983 -
Sekarang

PROFIL TOKOH

Nama lengkap

:
Giring Nidji

Profesi

:
Seniman

Tempat / Tgl Lahir

:
Jakarta, 14 Juli 1983

Karya / Prestasi

:
Aksi Panggung Terdasyat, Dasyatnya Awards (2010)
Sumpah & Cinta Matiku, Di Atas Awan meraih predikat Karya Produksi Original Soundtrack Film Terbaik AMI Awards (2014)
Peran dalam Video Clip Terdasyat, Dasyatnya Awards (2014)

Bersama band Nidji, Giring mendapatkan popularitasnya di panggung musik Indonesia. 

Tampil dengan grup band Nidji, Giring menjadi idola remaja karena lagu-lagunya yang menjadi hits. Penampilan dengan rambut kribonya juga menjadi trend dan diikuti para penggemarnya pada awal mula kebangkitannya.
 
Giring Nidji memiliki nama asli Giring Ganesha. Ia lahir di Jakarta 14 Juli 1983. Namanya menjadi tenar bersamaan dengan grup band Nidji, tempat dia berperan sebagai vocalis.
 
Nidji terbentuk pada awal Februari 2002. Selang 3 tahun, Nidji menambah personilnya Randy (keyboardist), sehingga berjumlah enam orang. Sementara personel lain di antaranya, Muhammad Ramadista Akbar (Rama), Ariel, Muhammad Andro Regantoro (Andro), dan Muhammad Adri Prakarsa (Adri).
 
Nidji sendiri merupakan nama penyempurnaan dari kata 'Niji' yang diambil dari bahasa Jepang yang berarti pelangi. Para personil telah menyukai dan menyetujui konsep dengan nama itu, karena kata Nidji sangat merefleksikan warna musik mereka yang beragam serta berbeda satu sama lain, namun bisa membiaskannya dalam satu warna musik.
 
Konsep musik Nidji adalah modern rock yang memadukan unsur-unsur lain, seperti progresif, funk, alternatif, dan pop. Grup-grup band yang secara tidak langsung mempengaruhi dan menjadi inspirasi terhadap corak musik Nidji, antara lain L'Arc~en~Ciel, Coldplay, Goo Goo Dolls, U2, Radiohead, Smashing Pumpkins, The Verve, Dave Matthews, The Killers, Keane, dan sebagainya.
 
Sejarah awal terbentuknya band Nidji yaitu dari persahabatan antara Rama dan Andro. Persahabatan mereka berkembang terus dalam dunia musik. Selanjutnya bersama Ariel yang telah bergabung dengan mereka, terciptalah sebuah lagu berjudul Maria. Namun, lagu itu belumlah sempurna dan masih membutuhkan sebuah vokal. Kemudian mereka bertemu dengan Giring yang selanjutnya dapat melengkapi lagu Maria dengan mengisi vokal pada lagu tersebut.
 
Setelah itu, Andro merekomendasikan Adri yang sebelumnya telah sering melakukan jam session bersamanya untuk menempati posisi sebagai drummer. Mereka berempat (Ariel, Andro, Adri, dan Giring) lalu menghubungi Rama yang sempat terpisah sebelum terciptanya lagu Maria untuk mencoba bermain musik bersama hingga akhirnya menemukan kecocokan visi dan misi.
 
Pada awal Februari tahun 2002, terbentuklah Nidji dalam formasi awal. Lalu pada awal April tahun 2005, Nidji menambah personilnya sehingga berjumlah enam, yaitu seorang keyboardist bernama Randy yang merupakan sahabat dari Giring, sang vokalis. Gaya 'memetik jambu' Giring saat menyanyi membuat Nidji menjadi band yang unik dan atraktif.
 
Pada tahun 2005 mereka mengeluarkan album perdana bertajuk Breakthru', dengan lima singel yaitu Sudah, Hapus Aku, Bila Aku Jatuh Cinta, Kau dan Aku, dan Disco Lazy Time. Tiga dari singel tersebut berhasil menyabet posisi #1 di MTV Ampuh, yaitu Sudah, Hapus Aku, dan Kau dan Aku.
 
Tahun 2007, mereka mengeluarkan album kedua bertajuk Top Up, dengan lima singel andalan yaitu Biarlah, Jangan Lupakan, Arti Sahabat, Akhir Cinta Abadi, dan Shadow. Shadow memiliki video klip yang punya beberapa kesamaan dengan serial Heroes, dan anehnya lagu tersebut mampu bertahan selama 13 minggu diposisi #1 di MTV Ampuh, padahal di Dahsyat dan Inbox lagu ini tidak sampai posisi 10 besar.  
 
Nidji juga menjadi Lead-Band di album kompilasi Ost. Laskar Pelangi dengan singel andalan bertajuk sama. Mereka pun mendapatkan sertifikat Platinum untuk lagu-lagunya.
 
Setelah sukses dengan Laskar Pelangi, Giring bersama band-nya juga banyak mengisi soundtrack film-film Indonesia seperti 5 CM, Tenggelam Kapal Van Der Wijck, Street Society, Yasmine, dan Supernova.
 
Tak hanya menekuni dunia tarik suara, putra dari (alm) Djumaryo Imam Muhni ini juga merambah akting. Ia dipercaya untuk menjadi dubber di film PADDLE POP KOMBATEI THE MOVIE sebagai Paddle Pop Lion. Selain itu, Giring pernah bermain di Sang Pencerah (2010) dan Jilbab Traveler : Love Sparks in Korea (2016).
 
Giring dikenal tak hanya karena suara khasnya, rambutnya pun membawanya menuju popularitas. Pasca popularitas Nidji naik daun banyak anak muda yang mengikuti gaya busana Giring, bahkan banyak yang mengikuti rambut kribonya. Tak heran jika di tempat-tempat umum banyak ditemui anak muda dengan syal dan rambut kribo.
 
Di mata Cynthia, Giring tentu sosok yang spesial. Sang kekasih menyebut vokalis Nidji itu sebagai pria romantis. Apalagi Giring banyak menciptakan lagu yang spesial untuk kekasihnya itu. Mereka akhirnya resmi menikah pada tanggal 16 Juli 2010 dan telah dikaruniai anak.
 
Giring memiliki hobi memelihara binatang. Pria berambut keriting ini mengaku dirinya sangat senang dengan anjing. Di rumahnya Giring mengaku memiliki dua anjing. Dia pun merawat anjingnya itu dengan sepenuh hati.
 
Karier Giring di industri musik bersama Nidji tergolong stabil. Begitu pula dengan karier solonya sebagai bintang iklan. Giring tampil dalam iklan Honda Absolute Revo, Honda Revo FI, Djarum Coklat, Mie Sedaap, Kopiko, Line, Clas Mild, dan Coca Cola.
 
Pada tahun 2017, Giring menjajal dunia baru dengan terjun ke politik. Ia tergabung dalam Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan rencananya akan ikut Pileg 2019 nanti. (AC/DN) (Photo: instagram/giring)

KELUARGA      
Orang tua  : Djumaryo Imam (alm) (ayah) daan Muhni (ibu)
Istri             : Cynthia Riza
Anak          : Zidane Ganesha
                   Aisha Amira Ganesha
                    Jasmina Aishwarya Ganesha
 
KARIER
Diskografi
Breakthru (2006)
Breakthru (English version) (2007)
Top Up (2007)
Let’s Play (2009)
Single Laskar Pelangi dalam album kompilasi Ost. Laskar Pelangi (2009)
Liberty (2011)
Liberty Victory (2012)
5 Cm Original Motion Picture Soundtrack (2013)
Original Soundtrack Tenggelam Kapal Van Der Wijck (2013)
Original Soundtrack Street Society (2014)
Original Soundtrack Yasmine (2014)
King of Soundtrack (2014)
Original Soundtrack Supernova (2015)
Satu (2015)
 
Filmografi
Sang Pencerah (2010) sebagai Sudja
Petualangan Singa Pemberani (2012) sebagai Paddle Pop - pengisi suara
Petualangan Singa Pemberani 2 (2013) sebagai Paddle Pop - pengisi suara
Petualangan Singa Pemberani Dinoterra (2014) sebagai Paddle Pop - pengisi suara
Petualangan Singa Pemberani Magilika (2015) sebagai Paddle Pop - pengisi suara
Petualangan Singa Pemberani Atlantos (2016) sebagai Paddle Pop - pengisi suara
Jilbab Traveler : Love Sparks in Korea (2016)
 
Iklan
Honda Absolute Revo (2009-2014)
Honda Revo FI (2014-sekarang)
Djarum Coklat (2009 - 2011)
Mie Sedaap (2013-2015)
Kopiko
Starone Ngorbit
Line
Clas Mild (2015-sekarang)
Coca Cola
Lincoln
 
PENGHARGAAN
Meraih 2 predikat pada nominasi Most Favourite Group, Band or Duo dan Most Favourite New Artist pada MTV Indonesia Awards (2008)
Memenangkan predikat Lagu Rock Terbaik pada AMI Awards (2008)
“Laskar Pelangi” mendapatkan predikat Lagu Pop Terbaik AMI Awards (2009)
“Laskar Pelangi” meraih predikat Karya Produksi Terbaik – Terbaik AMI Awards (2009)
“Laskar Pelangi” meraih predikat Lagu Terbaik pada Anugerah Planet Muzik (2009)
Aksi Panggung Terdasyat, Dasyatnya Awards (2010)
Sumpah & Cinta Matiku, Di Atas Awan meraih predikat Karya Produksi Original Soundtrack Film Terbaik AMI Awards (2014)
Peran dalam Video Clip Terdasyat, Dasyatnya Awards (2014)