Bumi Ambil Alih 44% Saham Darma Henwa

VIVAnews - PT Bumi Resources Tbk (BUMI) melalui anak perusahaan PT Bumi Resources Investment secara tidak langsung mengambil alih 44 persen saham PT Darma Henwa Tbk (DEWA).

Pada 23 Desember 2008, Bumi Resources Investment menandatangani shares and purchase agreement (SPA) dengan Goodrich Management Corp sehubungan pembelian 80 persen saham pada Zurich Asset Investment Ltd.

Zurich Asset Investment merupakan pemegang 55 persen saham yang ditempatkan pada Darma Henwa. "Pembayaran harga pembelian dalam transaksi itu dilakukan dengan cara berkala," kata Direktur Bumi Resources Eddie J Soebari, dalam penjelasan yang disampaikan kepada PT Bursa Efek Indonesia (BEI), 30 Desember 2008.

Bumi Resources Investment merupakan perseroan terbatas yang lebih dari 99 persen sahamnya dimiliki Bumi Resources.

Menurut Eddie, perseroan akan membayar transaksi itu di muka sekitar Rp 492 miliar, serta pembayaran kuartalan untuk 12 bulan pertama sejak penandatanganan perjanjian Rp 359 miliar. Selanjutnya, pembayaran terakhir sekitar Rp 1,56 triliun dilakukan dalam 36 bulan sejak penandatanganan SPA, dengan ketentuan Darma Henwa mencapai target produksi sesuai yang disepakati.

Namun demikian, transaksi tersebut tidak dikategorikan material karena harga pembelian tidak lebih dari 10 persen dari pendapatan, dan 20 persen dari ekuitas. "Transaksi pembelian tersebut juga tidak dikategorikan transaksi afiliasi maupun memiliki benturan kepentingan," ujar dia.

Pelatih Timnas Brasil Peringatkan Real Madrid soal Endrick
Penyakit Demam Berdarah di Jakarta dikatakan meningkat sejak memasuki tahun 2024.

Waspada! Demam Berdarah Mengganas, Jakarta Jadi Episentrum dengan 35 Ribu Kasus

Angka kasus demam berdarah di Indonesia kembali meningkat. Berdasarkan catatan Kementerian Kesehatan hingga Kamis sore 28 Maret 2024 tercatat sudah ada 390 kematian

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024