Gowes Nusantara dan Galadesa Mampir Bontang

Menpora Imam Nahrawi melepas peserta Gowes Nusantara di Sabang, Aceh
Sumber :
  • Dok. Kemenpora

VIVA.co.id – Kementerian Pemuda dan Olahraga (kemenpora) melanjutkan program Gowes Pesona Nusantara dan Galadesa. Kali ini, kota Bontang, Kalimantan Timur, yang mendapatkan kesempatan istimewa untuk menggelar program kampanye Ayo Olahraga dari kementerian pimpinan Imam Nahrawi tersebut. 

Meski Sudah Malam, Maarten Paes Hadiri Rapat Kerja Komisi X DPR Pakai Baju Kerah Timnas Indonesia

Start dan kick off Gowes Pesona Nusantara dan Galadesa akan digelar pada Minggu pagi, 21 Mei 2017, di stadion Bessai Berinta, Bontang. Deputi III Kemenpora R. Isnanta yang akan memimpin seremonial pelaksanaan even yang masuk salah satu program andalan Kemenpora tersebut.

"Kami sudah memulai di empat titik terdepan Indonesia yakni Sabang-Aceh, Tarakan-Kalimantan Utara, Merauke- Papua, dan Atambua-NTT. Terinspirasi semangat di empat titik itu, kami lakukan start pekan kedua di titik estafet berikutnya, Jayapura-Papua, Medan-Sumatera Utara, Belu-NTT, dan Bontang- Kaltim," katanya.

37 Pemain Diaspora Dicoba untuk Timnas Indonesia U-16

Pria asal Yogyakarta itu menuturkan, program ini sejatinya telah berjalan selaras dengan program kebijakan pembangunan nasional, mulai dari desa di titik terluar, dan terdepan Indonesia. Dia merasa, program Gowes dan Galadesa ini ternyata cukup mengena di masyarakat karena antusiasme yang tinggi.

Event yang akan berakhir pelaksanaannya di hari olahraga nasional pada September mendatang, menurut Isnanta telah menjadi sarana yang efektif untuk mengajak masyarakat berolahraga sekaligus mengenal budaya Indonesia dan pesona Indonesia.

Tingkatkan Prestasi Pemuda dan Olahraga Nasional, Menpora RI dan Dispora DKI Berkolaborasi

"Kegiatan ini telah memberikan gairah baru di tengah-tengah menipisnya rasa kebangsaan dan rapuhnya semangat kebinekaan," katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia Gowes dan Galadesa di Bontang, Sopia Marny Tuegeh, menegaskan bahwa antusiasme sampai H-1 sangat besar. Untuk Gowes, sejauh ini peserta membeludak dari 1000 yang ditargetkan ambil bagian, kini telah mencapai 1800-an pegowes dari sekitar Bontang dan Kaltim.

"Masyarakat ternyata sangat menantikan kegiatan seperti ini. Tadi sudah persiapan, 100 persen tinggal jalan," tegasnya.

Kick off dijadwalkan sekitar pukul 08.00 WIB pada Minggu pagi. Rutenya menempuh jarak sejauh 19,5 Km. Itu akan melewati seluruh jalur utama jalanan di dari ujung kota Bontang, Loktuan, sampai melewati Bontang Kuala.

"Kami juga akan lewatkan para peserta di tempat-tempat tujuan wisata di Bontang, terutama wisata hutan mangrove kami yang baru mendapatkan penghargaan," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya