Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 23 Agustus 2017 | 17:17 WIB
  • Cabang Tak Diunggulkan Justru Sumbang Medali Indonesia

  • Oleh
    • Suryanta Bakti Susila,
    • Fajar Ginanjar Mukti
Cabang Tak Diunggulkan Justru Sumbang Medali Indonesia
Photo :
  • Dok. Kemenpora
Menpora, Imam Nahrawi sedang menenangkan atlet sepak takraw yang menangis

VIVA.co.id – Kontingen Indonesia di SEA Games ke-29 di Kuala Lumpur, Malaysia, cukup banyak meraih medali dari cabang-cabang olahraga yang tidak diunggulkan.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi menyebut sejumlah cabor itu di antaranya panahan, wushu, serta menembak.

"Cabang-cabang olahraga yang tidak diunggulkan, tidak diprediksi mendapat medali, ternyata dapat. Oleh karena itu, harus dilakukan lebih detail lagi persiapan pertandingannya (hingga akhir SEA Games)," ujar Imam usai bertemu Wakil Presiden RI Jusuf Kalla di Kantor Wakil Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu, 23 Agustus 2017.

Imam baru saja melaporkan tentang kemajuan partisipasi Indonesia di pesta olahraga dua tahunan antarbangsa-bangsa se-Asia Tenggara itu kepada JK.

Menurut Imam, sejumlah cabor yang diunggulkan justru belum mendapat medali hingga hari kelima pelaksanaan SEA Games hari ini. Salah satunya adalah karate.

Meski demikian, Imam memakluminya. Pasalnya, ada juga sejumlah cabor yang perolehan nilainya memang dihitung dari penilaian subjektif juri, bukan aturan baku seperti cabor-cabor permainan.

"Penilaiannya tentu ada juga yang lebih kepada subjektivitas pengambil keputusan di lapangan, seperti karate, yang ada jurinya. Subjektivitas sangat dominan," ujar Imam

Dikutip dari situs resmi SEA Games, Indonesia pada hari ini menduduki peringkat 5 dengan 13 emas. (one)