Festival Unik Meriahkan Rhino X Triathlon 2017

Festival bebegig dan kolecer di Tanjung Lesung
Sumber :
  • VIVA.co.id/Luzman Karami S.Ikom

VIVA.co.id – Ada hal menarik di festival pesona Tanjung Lesung 2017. Selain menampilkan dua olahraga ekstrem, rhino X Triathlon dan mountain bike cross country, para peserta dan juga pengunjung akan disambut dengan orang-orangan sawah.

Kembali Digelar, VR Run Series 2020 Suguhkan Pengalaman Baru

Ada festival Bebegig dan Kolecer yang ikut meramaikan acara ini. Bebegig merupakan orang-orangan sawah sedangkan kolecer merupakan baling-baling atau kincir angin.

Pengamatan VIVA.co.id, di sepanjang jalan menuju pantai, ada ratusan bebegig yang berjajar rapi. Ada aneka bentuk dari orang-orangan sawah tersebut.

"Kawasan Kabupaten Pandeglang ini identik dengan pertanian dan juga sawah. Tujuan dari diadakannya festival Bebegig ini adalah untuk melestarikan dan menjaga nilai-nilai luhur dari masyarakat," kata Managing Director PT Banten West Java, Rully Lasahido, kepada VIVA.co.id.

Rully menjelaskan, ada 600 bebegig yang berjajar di festival pesona Tanjung Lesung. Para peserta berasal dari wilayah Banten yakni Balaraja, Serang, dan Pandeglang.

Sungailiat Triathlon, Tawarkan Tantangan Baru dan Hadiah Lebih Besar

"Bebegig ini sudah dipamerkan sejak dua hari lalu dan akan ada hingga festival ini berakhir di hari Minggu. Dan nantinya akan ada pemenang di festival bebegig ini," Rully menjelaskan.

Selain bebegig, ada juga festival kolecer atau baling-baling. Sama seperti bebegig, kolecer yang dilombakan ada 600.

Festival bebegig dan kolecer di Tanjung Lesung

"Kolecer atau kincir angin biasanya ada di rumah-rumah penduduk. Kami ini menjaga budaya ini," ungkap Rully.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya