Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Sabtu, 11 November 2017 | 21:58 WIB
  • Ganjar Pranowo Pimpin Tour de Borobudur di Tengah Hujan

  • Oleh
    • Suryanta Bakti Susila,
    • Dwi Royanto (Semarang)
Ganjar Pranowo Pimpin Tour de Borobudur di Tengah Hujan
Photo :
  • VIVA.co.id/Dwi Royanto (Semarang)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memimpin Tour de Borobudur 2017

VIVA – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, turut berjibaku dengan hujan deras saat memimpin rombongan bersepeda bertaraf nasional bertajuk BTN Tour de Borobudur 2017. Pejabat berambut putih itu sukses memimpin rombongan dari Semarang menuju Magelang sejauh 140 kilometer.

Aksi “heroik” gubernur kala memimpin rombongan pesepeda yang start dari kota Semarang Jawa Tengah pagi tadi menuju sejumlah rute menantang. Ganjar bersama istrinya, Siti Atiqah, dan ratusan peserta lalu melewati rute ekstrem di kecamatan Limbangan Kendal, kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang hingga Kabupaten Temanggung. 

Selain rute menantang dengan tanjakan tajam, jalur tersebut dikenal sebagai jalur wisata yang paling eksotis di Jawa Tengah. Rombongan pesepeda pun mengalami hambatan saat memasuki wilayah Kabupaten Magelang. Hujan lebat disertai angin menerpa kawasan itu hingga menyulitkan para peserta, termasuk Gubernur. 

Namun, hujan tak menyurutkan semangat para peserta, tak terkecuali Ganjar dan istri. Ia justru terlihat bersemangat memacu sepedanya dengan menerjang hujan di race-race sulit.

"Rutenya asik, lebih tinggi dari tahun kemarin, melewati pemandangan alam Jawa Tengah yang indah," ungkap Ganjar, Sabtu 11 November 2017.

Setelah melewati sejumlah tantangan hujan dan race berliku, rombongan akhirnya tiba juga di garis finish di kawasan Candi Borobudur. 

Ganjar mengaku sangat antusias dan apresiatif digelarnya event internasional tahunan untuk ke-17 kalinya tersebut. Menurutnya, event yang juga diikuti sejumlah turis asing tersebut merupakan salah satu agenda kegiatan yang menyatukan olahraga dengan pariwisata. 

"Harapannya ini dapat memperkenalkan keindahan Jawa Tengah. Selain Tour de Borobudur, besok juga ada Borobudur Marathon. Kegiatan-kegiatan seperti ini nantinya yang akan membawa wistawan ke Jawa Tengah," tutur mantan anggota DPR dari Fraksi PDIP tersebut. 

Membelah Alam

Race yang dilalui rombongan gubernur tersebut merupakan tantangan hari pertama even bersepeda terakbar nasional itu. Para peserta masih akan kembali menjalani race hari kedua dengan jarak 60 Km menuju Candi Borobudur pada Minggu, 12 November besok.

Direktur Utama Bank BTN, Maryono, menambahkan, BTN Tour de Borobudur 2017 kali ini mengangkat tema 'Membelah Alam Jawa Tengah'. Total 6.000 peserta dalam maupun luar negeri ikut serta dalam berbagai nomor dan jarak tempuh berbeda. 

Selain bersepeda, para peserta juga melakukan sejumlah kegiatan sosial, seperti melakukan penanaman pohon 1000 pohon dan pelepasan 10.000 benih ikan di kawasan Waduk Jatibarang, Semarang.

"Besar harapan kami, bantuan ini memiliki multiplier effect bagi masyarakat Jawa Tengah. Sehingga wujud nyata BUMN Hadir Untuk Negeri benar-benar dirasakan masyarakat di sini,” jelas Maryono. (ren)