Safety Car Rusak Strategi Balapan Rio Haryanto

Pembalap Manor Racing asal Indonesia, Rio Haryanto di F1 musim 2016 lalu.
Sumber :
  • Manor Racing Media

VIVA.co.id – Pembalap Manor Racing asal Indonesia, Rio Haryanto hanya mampu finis di posisi ke-16 F1 GP Austria di Sirkuit Red Bull Ring, Minggu 3 Juli 2016. Hasil tersebut rupanya didapat Rio karena strateginya tak berjalan dengan baik.

Max Verstappen Tak Terbendung di F1 GP Austria 2023

Pembalap berusia 23 tahun itu membeberkan apa masalah yang membuat strateginya tak berjalan. Faktor utamanya menurut dia adalah kecelakaan yang menimpa pembalap Ferrari, Sebastian Vettel.

Vettel mengalami pecah ban di tengah lomba. Setelah itu, safety car pun masuk dalam lintasan untuk membuat situasi lomba ajang adu kebut jet darat kembali normal.

Pole Position di F1 GP Austria 2023, Max Verstappen Terhindar dari Hukuman

"Ya, saya mulai balapan dengan ban soft untuk 27 lap, kemudian menjalani dua stint dengan Supersoft. Stint pertama bekerja dengan baik bagi saya sampai safety car mengubah situasi balapan dan strategi saya tidak berjalan dengan baik hari ini," ujar Rio dikutip dari siaran pers yang diterima VIVA.co.id.

Hasil yang diraih Rio rupanya dapat dimaklumi oleh timnya. Direktur Manor, Dave Ryan justru melihat ada nilai tambah pada pembalap kelahiran Surakarta tersebut dalam balapan kemarin.

Jagoan Ferrari Geram Gagal Rebut Pole GP Austria

Semangat dan kegigihan Rio sangat jelas terlihat oleh Dave. Dan posisi ke-16, baginya bukanlah raihan buruk, karena hasil tersebut layak mendapat apresiasi.

"Rio berada pada strategi yang berbeda; kami membagi strategi sehingga kami akan berada dalam posisi yang baik untuk merespons setiap kesempatan. Meski pun demikian, ia menjalani balapan dengan penuh kegigihan dan bisa senang dengan posisi ke-16 hari ini," katanya.

Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton

Termasuk Lewis Hamilton, 8 Pembalap Kena Penalti di F1 GP Austria

Lewis Hamilton terkena penalti 15 detik setelah balapan di F1 GP Austria. Delapan pembalap kena hukuman menyusul protes dari Aston Martin.

img_title
VIVA.co.id
3 Juli 2023