Kemenpora Tahu Rio Haryanto Bakal Didepak Sejak 2 Bulan Lalu

Sesmenpora, Gatot S Dewa Broto.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yudhi Maulana

VIVA.co.id – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) tidak terkejut dengan keputusan Manor Racing memutus kontrak pembalap Formula 1 (F1) asal Indonesia, Rio Haryanto. Hal itu diungkapkan oleh Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora, Gatot S Dewa Broto, saat konferensi pers di Kantor Kemenpora, Kamis 11 Agustus 2016.

37 Pemain Diaspora Dicoba untuk Timnas Indonesia U-16

Keputusan Manor tidak lepas dari belum dibayarnya kekurangan biaya sebesar €7 juta (Rp102 miliar) oleh pihak Rio. Gatot mengatakan, pihaknya mengetahui akan adanya pemutusan kontrak Manor ke Rio sejak beberapa bulan lalu.

"Kami tidak terkejut dengan keputusan dari Manor. Kami sudah mengetahuinya sejak dua bulan lalu. Mereka pun menjelaskan kepada kami, alasan mengganti Rio," kata Gatot.

Tingkatkan Prestasi Pemuda dan Olahraga Nasional, Menpora RI dan Dispora DKI Berkolaborasi

Menurut Gatot, peringatan terakhir Manor terjadi pada 18 Juli 2016. Mereka menyatakan, GP Hungaria pada 24 Juli 2016 merupakan seri terakhir yang diikuti oleh Rio.

Namun, Gatot menambahkan, Manor masih memberikan kesempatan kepada pembalap asal Surakarta ini untuk mengikuti GP Jerman, 31 Juli 2016. Gatot menuturkan, pihak Pertamina selaku sponsor pun pernah berkirim surat kepada manajemen Manor untuk meminta mereka mempertahankan Rio.

Asosiasi Olympian Indonesia Gelar Aksi Sosial

"Kami belum menerima surat resmi soal pemberhentian Rio. Apapun itu, kami mengapresiasi kepada Manor yang telah memberikan kesempatan sampai GP Jerman, meski sebenarnya kami sangat kecewa," imbuh Gatot. (one)

Calon kiper Timnas Indonesia Maarten Paes saat membela FC Dallas

Meski Sudah Malam, Maarten Paes Hadiri Rapat Kerja Komisi X DPR Pakai Baju Kerah Timnas Indonesia

DPR RI menggelar rapat kerja Komisi X bersama Kementerian Pemuda dan Olahraga untuk mendiskusikan pemberian rekomendasi Maarten Paes, Thom Haye, dan Ragnar Oratmangoen.

img_title
VIVA.co.id
7 Maret 2024