Sean Adaptasi Cepat dengan Tim Arden

Pembalap Indonesia, Muhammad Sean Gelael.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Pembalap Indonesia Muhammad Sean Gelael mampu beradaptasi cepat dengan calon tim barunya, Arden Internasional. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan penampilannya yang signifikan pada sesi uji coba selama tiga hari yang berakhir Sabtu 3 Desember 2016 dini hari WIB di Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi.

Satu Dekade Legenda F1 Michael Schumacher Lenyap Ditelan Bumi, Masih Ada Harapan Muncul ke Publik?

Pada sesi pertama uji coba hari Rabu 30 November 2016, Sean mencatat waktu terbaik dalam satu putaran 1 menit 50,594 detik dan menempati urutan kedelapan. Pada sesi kedua, catatan waktu Sean lebih cepat lagi, yakni 1 menit 49,709 detik dan berada di urutan ke-10. Pada Kamis 1 Desember 2016, Sean menjalani latihan simulasi balap dengan melahap 17 putaran nonstop. Hasilnya, rata-rata waktu yang dibukukan 1 menit 53 detik dan jauh lebih bagus ketika balapan terakhir bersama tim Pertamina Campos Racing.

Pada hari Jumat, Sean kembali membuat catatan waktu yang impresif. Setelah melakukan tes simulasi balapan di sesi pagi, pada sore harinya Sean mengejar catatan waktu tercepat dengan torehan satu menit 49,385 detik. Bagi Sean catatan waktu itu merupakan rekor tercepatnya selama latihan. Sean berada di urutan delapan pebalap tercepat.

10 Tahun dalam Kondisi Menyedihkan, Schumacher Diterapi dengan Suara Mobil

Dalam tes tiga hari di Yas Marina, Sean sudah bekerja sama dengan Gaetan Jego sebagai engineernya. Gaetan Jego direkrut dari tim ART Grand Prix yang memiliki segudang pengalaman di ajang balap F3 maupun GP2.

Namun demikian, dalam tes tiga hari itu, Sean tetap masih memakai set-up murni mobil tim Arden. Hal ini dilakukan untuk mengetahui level kemampuan Sean. Sejauh ini hasilnya cukup bagus karena catatan waktu yang diraih Sean selalu lebih bagus dari tandemnya, yakni Antonio Giovinazzi di hari pertama dan Luca Ghiotto pada hari kedua dan ketiga.

Pembukaan APRC Danau Toba 2023, Komitmen Dukung Reli Dunia

”Sejauh ini semuanya bagus dan saya cukup senang. Saya juga berterima kasih kepada tim Arden karena kerja sama kami selama sesi latihan cukup baik. Mudah-mudahan ke depan semuanya bisa berjalan sesuai dengan yang kami harapkan,” ujar Sean dalam rilis yang diterima Viva.co.id.

Tim Arden Internasional sendiri belum menentukan nama pembalap kedua yang bakal menjadi tandem Sean pada musim 2017. Selain Antonio Giovinazzi dan Luca Ghiotto, nama pembalap Perancis Norman Nato dan pebalap Inggris Jordan King, juga masuk dalam kandidat pebalap mereka. 

Pada musim 2016, Nato dan King merupakan pembalap tim Racing Engineering. Nato mengakhiri musim 2016 dengan berada di peringkat lima klasemen dengan torehan nilai 136, sedangkan King duduk di posisi ketujuh dengan 122 poin. 

Pada sesi latihan tiga hari di Yas Marina, Nato sama sekali tidak ambil bagian. Berbeda halnya dengan King yang sempat menjalani tes dengan tim Dams dan MP Motorsport. 

Sementara tim Racing Engineering sendiri menjalani sesi latihan ini dengan dua pembalap yakni Gustav Malja dan Louis Deletraz.

Setelah sesi latihan resmi tiga hari ini, para pebalap akan menjalani musim liburan yang panjang. Balapan GP2 musim 2017 akan dimulai lagi dengan tes pra musim yang kemungkinan akan diadakan di Bahrain dan Barcelona sekitar bulan April-Mei. 

Pada musim 2017 akan ada beberapa wajah baru yang menjadi pembalap rookie. Mereka adalah para pembalap yang musim lalu tampil penuh di ajang balapan GP3, seperti Charles Leclerc si juara umum, Antonio Fuoco dan Alexander Albon si runner-up yang berasal dari Thailand.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya