Hamilton Kena Hukuman Lima Grid di F1 GP Austria

Pembalap Tim Mercedes, Lewis Hamilton
Sumber :
  • Twitter/@LewisHamilton

VIVA.co.id - Lewis Hamilton mendapat penalti lima grid pada balapan Formula 1 (F1) GP Austria, Minggu 9 Juli 2017. Ini menyusul keputusan Mercedes mengganti girboks mobil Hamilton.

Max Verstappen Tak Terbendung di F1 GP Austria 2023

Hamilton diketahui mengganti girboks mobil W08 miliknya di luar waktu yang dizinkan yakni enam seri beruntun, jelang GP Austria.  Padahal, pembalap asal Inggris itu bisa finis di seri Azerbaijan bahkan jadi pemenang.

Tak disebutkan secara jelas latar belakang Mercedes mengganti girboksnya. Namun, yang pasti Hamilton  melanggar aturan aturan FIA Pasal 23.5a.

Pole Position di F1 GP Austria 2023, Max Verstappen Terhindar dari Hukuman

"Hamilton finis pada balapan terakhir di Baku dan girboksnya diganti sebelum aturan enam balapan beruntun terpenuhi," bunyi pernyataan Federasi Otomotif Internasional (FIA), dilansir Crash.

"Mengingat ini tidak sesuai dengan Pasal 23.5a dalam regulasi Formula 1, saya merujuk hal ini ke pengawas untuk mempertimbangkannya. Tim menginformasikan kepada delegasi teknis tentang perubahan girboks pada Selasa, 4 Juli 2017 pukul 11.29," lanjut pernyataan itu.

Jagoan Ferrari Geram Gagal Rebut Pole GP Austria

Rekan setim Valtteri Bottas ini sendiri tampil apik pada hari pertama GP Austria. Hamilton menjadi yang tercepat pada sesi latihan bebas pertama dan kedua, bahkan sempat mencatat rekor putaran. (ren)

Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton

Termasuk Lewis Hamilton, 8 Pembalap Kena Penalti di F1 GP Austria

Lewis Hamilton terkena penalti 15 detik setelah balapan di F1 GP Austria. Delapan pembalap kena hukuman menyusul protes dari Aston Martin.

img_title
VIVA.co.id
3 Juli 2023