Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 10 Juli 2017 | 13:29 WIB
  • Andi Gilang Gagal Naik Podium Moto3 Junior Valencia

  • Oleh
    • Suryanta Bakti Susila
Andi Gilang Gagal Naik Podium Moto3 Junior Valencia
Photo :
  • Dok. Astra Honda Motor Racing
Andi Gilang memacu motor bernomor 34 dalam balapan di Valencia.

VIVA.co.id – Ambisi Andi "Gilang" Farid Izdihar naik podium dalam balapan CEV International Championship seri Valencia pupus. Optimismenya masuk lima besar dalam balapan Moto3 Junior itu buyar karena terjatuh di tikungan terakhir di 4 lap tersisa.

“Saya mempunyai feeling yang bagus sejak Kamis hingga balapan terakhir, dan saya merasa semuanya berjalan baik. Pada balapan pertama, saya start kurang bagus, tapi bisa bertahan di grup kedua dan finis ke-7," kata Andi Gilang dalam keterangan tertulis Astra Honda Motor, Senin 10 Juli 2017.

Konsistensi Andi Gilang dalam mempertahankan performanya pun membuatnya mampu finis di posisi ke-7. Begitu pun di balapan kedua, pembalap Astra Honda Racing Team ini termasuk 10 pembalap tercepat dan berebut posisi ke-6. Namun, perjuangannya harus terkendala saat memasuki tikungan ke-14, Andi Gilang terjatuh dan akhirnya hanya mampu menyelesaikan balapan di posisi ke-14.

"Balapan kedua saya bisa meningkatkan kecepatan dan optimis merebut posisi 5 besar, tapi saya terjatuh di tikungan terakhir di 4 lap yang tersisa. Kami akan terus berusaha lebih keras untuk menghadapi putaran berikutnya di Portugal," kata Andi Gilang.

Sementara itu, pada ajang Moto2, Dimas Ekky terjatuh di tikungan ke-12 di lap 4. Meskipun demikian, pembalap Indonesia pertama yang  mampu menaiki podium CEV International Championship tersebut tetap menunjukkan semangat juangnya dengan berusaha bangkit kembali dan melanjutkan lomba. Dimas pun berhasil finis ke-14 di balapan pertama.

Pada balapan kedua, Dimas berusaha membayar kesalahannya di balapan pertama dengan langsung masuk di grup depan, bersaing dengan tiga pembalap untuk meraih posisi ke-4 dan memimpin di grup ini. Namun, ketatnya persaingan balapan membuat Dimas hanya mampu finis di posisi ke-6.

“Sungguh Minggu yang sangat berat. Di balapan pertama saya yakin bisa meraih posisi 5 besar, tapi ban depan tergelincir dan saya terjatuh --akhirnya finis ke-14," kata Dimas.

Di balapan kedua, dia bertahan di posisi ke-4 di lap-lap awal dan berjuang untuk bisa masuk ke grup terdepan, meski ban terus sliding dan buritan motor kerap keluar dari lintasan. Dia mengaku terus berkonsentrasi untuk menyelesaikan balapan dengan hasil yang bagus.

“Saya ucapkan terima kasih kepada tim atas kerja keras mereka dalam menyiapkan motor dan selalu memberi dukungan padaku. Kami terus berjuang untuk hasil yang lebih bagus di Estoril, saya rasa hal ini sangat mungkin diwujudkan dan sudah tak sabar menghadapi balapan berikutnya," katanya.

General Manager Marketing Planning and Analysis Division, PT Astra Honda Motor (AHM), A Indraputra, mengatakan, memasuki tengah musim banyak peningkatan yang telah diraih para pembalap. Dalam menemani mimpi generasi muda bangsa tersebut, AHM akan terus memberikan kontribusinya dan berusaha memfasilitasi mereka hingga mampu menaikkan levelnya menuju ajang balap dunia.

“Kami berterima kasih atas perjuangan para pembalap. Meskipun harus jauh dari keluarga dan beberapa kali jatuh bangun di lintasan, mereka terus menunjukkan semangat juang yang luar biasa dalam meraih mimpinya. Kami senang mampu menemani pemuda bangsa berbakat seperti mereka untuk menjadi kebanggaan bangsa,” ujar Indraputra.

Pada klasemen sementara, Andi Gilang tetap di posisi ke-14 di klasemen pembalap Moto3 Junior World Championship dengan 22 poin. Sementara itu, Dimas Ekky berada di urutan ke-6 dengan perolehan 49 poin di kelas Moto2 European Championship. Balapan CEV International Championship berikutnya akan digelar di Sirkuit Estoril pada 22-23 Juli mendatang.