Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 20 Juli 2017 | 13:16 WIB
  • F1 Gunakan Perangkat Keamanan Baru Tahun Depan

  • Oleh
    • Muhammad Nurhendra Saputra
F1 Gunakan Perangkat Keamanan Baru Tahun Depan
Photo :
Ferrrai Menguji Perangkat Halo

VIVA.co.id – FIA mengkonfirmasi perangkat perlindungan kokpit untuk Formula 1 (F1) Halo akan digunakan musim balap 2018. Meski Halo sendiri hingga saat masih menjadi kontroversi. 

"Perangkat Halo menyajikan keselamatan terbaik secara keseluruhan. Dari beberapa perangkat keamanan lebih dari lima tahun terakhir," tulis FIA setelah melakukan berbagai evaluasi. 

"Dengan didukung oleh tim, maka beberapa fitur desain Haol akan semakin ditingkatkan," tambah FIA dikutip dari BBC.

Pembalap F1 Tim Ferrari, Sebastian Vettel merasakan hal yang aneh dengan penggunaan Halo tersebut. Vettel mengatakan, perangkat tersebut membuatnya pusing setelah satu putaran. 

Halo adalah perangkat yang lolos dari tes dengan kecepatan 150 mph, dan tidak menghalangi pandangan pembalap. Ketua Asosiasi Pembalap Grand Prix, Alexander Wurz mengatakan, ia menghormati apa yang dilakukan oleh FIA. 

"Kami pengemudi menghormati FIA terkait dengan keamanan dan menghormati apa yang sedang dilakukan demi keamanan balapan," kata WUrz. 

"Dalam satu dekade terakhir, kami melihat kecepatan yang semakin meningkat dan waktu lap yang lebih cepat. Pencarian ini semata-mata demi keamanan pembalap," jelas Wurz.